Petani Binaan TTM dan BBPP Lembang Panen 2700 Tanaman Brokoli

udin abay | Selasa, 13 Juli 2021 , 18:51:00 WIB

Swadayaonline.com - Senyum puas terpancar di raut wajah 10 orang petani dari Kelompok Tani Perintis Tani dan Sugih Mukti. Pasalnya kedua kelompok tani ini telah melakukan pemanenan brokoli pada Senin (12/7). Pemanenan dilakukan di lahan demplot blok karet, Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Kabupaten Bandung Barat. Para petani merupakan petani binaan kerjasama Taiwan Technical Mission (TTM) dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang.

Panen ini merupakan hasil pendampingan yang dilakukan oleh Widyaiswara BBPP Lembang dan Penyuluh Pertanian BPP Lembang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat sejak Maret 2021. Pendampingan dilakukan mulai dari persiapan benih, persiapan lahan, pengolahan lahan, penanaman, pemupukan susulan, hingga pengendalian hama penyakit. Di setiap tahapan budidaya, petani juga didorong untuk membiasakan melakukan pencatatan sebagai evaluasi pada musim tanam selanjutnya.

Mimin Permana, ketua Kelompok Tani Petintis Tani, menyampaikan, “Saya telah mengajak seluruh anggota kelompok tani bekerja sama dengan TTM dan BBPP Lembang dalam membudidyakan tanaman brokoli secara baik dan benar. Selama proses budidaya kami didampingi Widyaiswara dan penyuluh BPP Lembang. Harapannya semoga dapat lebih baik dari segi pemasaran maupun harganya,” ungkapnya.

Sebanyak 2700 tanaman brokoli berhasil dipanen dan akan dijual ke pasar modern maupun tradisional. Pemasaran produk sebanyak 2 kwintal brokoli akan dikelola oleh TTM dan BBPP Lembang. Petani akan mendapat harga beli sesuai dengan kesepakatan harga dan kualitas yang telah dilakukan sejak awal pendampingan.

Melalui kerja sama ini petani dapat menentukan harga jualnya sendiri serta membina petani untuk terus menaikkan kualitas produk sehingga bernilai jual tinggi di pasaran.

Brokoli, merupakan salah satu komoditas unggulan dan banyak diminati masyarakat Bandung Barat. Oleh sebab itu, sebagian besar petani binaan BBPP Lembang lainnya, juga memilih brokoli sebagai komoditas untuk dibudidayakan. Memfasilitasi hal tersebut, BBPP Lembang hadir memberikan pelatihan dan pendampingan dalam meingkatkan kapasitas SDM pertanian, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas komoditas hortikultura. Hal ini selaras dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), untuk menjadikan hortikultura sebagai produk pertanian berdaya saing dan siap melaju ke pasar ekspor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, pada suatu kesempatan juga menyampaikan keseriusannya dalam mengembangkan komoditas hortikulura, terutama sebagai salah satu peluang bisnis. “Ada beberapa bisnis wirausaha di bidang pertanian yang memiliki potensi di era modern, seperti bisnis untuk varietas-varietas yang cuacanya banyak, ada ubi porang, hortikultura, sayuran dan juga buah buahan yang bisa diekspor,” tegasnya. SY/DRY/YKO