Kepala BPPSDMP Buka Pelatihan Internasional "Strawberry Production"

udin abay | Sabtu, 31 Juli 2021 , 11:03:00 WIB

Swadayaonline.com - Senin (27/7) menjadi hari pembukaan pelaksanaan pelatihan internasional "Online Training Course on Strawberry Production". Pelatihan diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Peserta berasal dari negara-negara lingkup ASEAN.

Pembukaan dilakukan melalui Zoom Virtual Conference pada pukul 08.00 WIB dan disaksikan oleh 238 orang yang terdiri dari peserta pelatihan, pegawai Kementan lingkup BPPSDMP, dan perwakilan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S). Adapun peserta pelatihan sejumlah 36 orang yang berasal dari negara ASEAN antara lain: Myanmar, Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Brunei Darussalam. Dipandu oleh Siti Karimatun, turut hadir Kepala Pulaslatan, Leli Nuryati, dan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

Diawali dengan sambutan dan paparan Kepala Puslatan. Pada kesempatannya, Kapuslatan menyampaikan program Kementerian Pertanian dan UPT lingkup pelatihan. Selanjutnya, Kepala BPPSDMP memberikan sambutannya sekaligus membuka pelatihan. "Pelatihan kali ini akan menjadi pengalaman yang menarik. Peserta akan mempelajari produksi strawberry yang akan disampaikan oleh Widyaiswara. Jika kondisi tidak pandemi, peserta juga akan mendapat pengalaman luar biasa belajar di BBPP Lembang," pungkasnya. Ia berharap pelatihan yang diberikan dapat memberikan manfaat yang maksimal meskipun dilaksanakan secara virtual. "Di Indonesia sendiri pertanian menjadi salah satu sektor masih mengalami pertumbuhan. Semoga ilmu yang diberikan juga dapat diterapkan dan memberikan dampak positif bagi peserta di masing-masing negaranya," lanjut Dedi.

Pelatihan secara synchronous dilaksanakan pada 27-28 Juli 2021 secara online melalui Zoom Virtual Conference. SY/DRY/YKO