Ajarkan Bahasa Jepang, P4S Terpadu Ikamaja Garut Siapkan Petani untuk Magang

udin abay | Minggu, 26 September 2021 , 01:43:00 WIB

Swadayaonline.com - Pengembangan yang dilakukan Kementerian Pertanian tidak sebatas pada peningkatan produktivitas pertanian. Kementan juga gencar meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM pertanian. 

Hal ini terbukti melalui Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4S) Salah satunya P4S Terpadu Ikamaja, di Desa Wanajaya, Kecamatan Sukaraja, Garut.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan menyiapkan SDM pertanian harus dilakukan.

"Pertanian ibarat merpati yang tidak ingkar janji, untuk itu perlu didukung berbagai upaya dalam mensukseskan keberhasilan pembangunan pertanian. Dan kesuksesan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh kesiapan SDM. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan SDM-SDM terbaik," katanya.

Penekanan ini juga yang disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, saat mengunjungi P4S Terpadu Ikamaja, Sabtu (25/9/2021).

P4S Terpadu Ikamaja memiliki sejumlah produk pertanian unggul, seperti endog lewo (bolkasapa), burayot, rengginang, yoghurt, serta nekhtar markisa.

"Hebatnya, di P4S Ikamaja petani juga diajarkan bahasa Jepang. Dengan cara ini, mereka mempersiapkan para petani magang yang ingin mengikuti program magang ke Jepang," katanya.

Dedi menambahkan, P4S Ikamaja juga fokus dengan pembahasan alsintan yang juga bisa menjadi bekal buat para petani yang akan magang. SY/CHA