Tingkatkan Kesejahteraan, Kementan Ajak Petani Berbisnis dan Berwirausaha

udin abay | Minggu, 26 September 2021 , 01:47:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian mengajak para petani untuk meningkatkan pendapatan agar perekonomian dan kesejahteraan ikut terangkat. Untuk urusan tersebut Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya (P4S) Terpadu Ikamaja binaan Kementan yang berada di Desa Wanajaya, Kecamatan Sukaraja, Garut, bisa ditiru. Pasalnya, petani di P4S Ikamaja juga berbisnis dan berwirausaha.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mendukung hal tersebut. "Petani harus bisa memanfaatkan pertanian untuk meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, petani juga harus mengerti cara berbisnis dan berwirausaha," katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, saat mengunjungi P4S Terpadu Ikamaja, Sabtu (25/9/2021), mengutarakan hal serupa.

"P4S memang tempat pelatihan bagi petani di perdesaan. Artinya ini jadi pusat pembelajaran yang sangat lengkap," katanya.

Dijelaskannya, P4S bisa berfungsi lebih dari itu. Menurut Dedi Nursyamsi, P4S bisa jadi pusat bisnis, offline maupun online.

"Pikirkan bagaimana caranya agar kita bisa memenuhi kebutuhan pasar, yaitu dengan cara genjot produktivitas, genjot efisiensi. Menekan ongkos produksi adalah bagian dari efisiensi," katanya.

Dedi menjelaskan, salah satu hal yang bisa ditiru dari P4S Ikamaja adalah bagaimana mereka mengolah kandang sapi.

"Kandang sapi yang dibuat P4S Ikamaja, akan menghasilkan pupuk organik cair dari urine sapi, biodecomposser untuk bahan pupuk kompos. Dan ini tentu akan sangat berguna untuk pertanian," katanya. SY/CHA