BBPP Ketindan Motivasi P4S Lahirkan Kader Terbaik Petani Masa Depan

udin abay | Selasa, 28 September 2021 , 21:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) mempunyai peran yang strategis dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia petani dan mewujudkan kader-kader petani terdidik di masa depan.

Sebagai lembaga pelatihan/permagangan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok, P4S diharapkan turut  berperan aktif dalam pembangunan pertanian untuk meningkatkan SDM pertanian melalui pelatihan/permagangan dari, oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan.

Hingga saat ini P4S di Provinsi Jawa Timur, binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang telah terdata sebanyak 132 P4S dengan beragam komoditas unggulan, mulai dari hulu, on farm hingga hilir. Bahkan terdapat juga P4S yang bergerak di pemasaran hasil, bahkan guna memenuhi kebutuhan pengguna akan pelatihan/permagangan usaha yang ditekuni terintegrasi pada semua sub sistem agribisnis hingga zero waste.  

Akhir bulan Juni hingga Juli 2021, BBPP Ketindan melaksanakan kegiatan klasifikasi, penumbuhan dan pengembangan P4S, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui keaktifan P4S dalam menjalankan kegiatan pelatihan/permagangan; memperoleh data kelayakan P4S calon penerima bantuan sarana dan prasarana P4S, serta ditetapkannya klasifikasi P4S yang baru ditumbuhkan. Klasifikasi, penumbuhan dan pengembangan dilaksanakan dengan melibatkan Forum Komunikasi (FK) P4S Provinsi Jawa Timur serta lembaga yang menangani penyelenggaraan penyuluhan pertanian Dinas Lingkup Pertanian tingkat kabupaten.  

Sebagai Pembina P4S di seluruh kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan juga secara berkesinambungan melakukan pembinaan terhadap P4S-P4S yang menjadi wilayah binaan BBPP Ketindan. Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor disela-sela menghadiri pelatihan tematik di Blitar dan Jember, juga melaksanakan kunjungan dan pembinaan ke beberapa P4S di Blitar seperti P4S Tani Makmur Jaya,dan ke P4S Karya Tani di Jember.  

“Kegiatan kunjungan dan pembinaan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab BBPP Ketindan terhadap P4S binaan BBPP Ketindan. Dan memberikan motivasi agar terus berkembang, berinovasi dan terus semangat di tengah hantaman pandemic covid 19. Pertanian tidak boleh berhenti, pertanian harus maju, mandiri dan modern,” ujar Sumardi.  

Sumardi juga meninjau sarana prasarana yang tersedia di P4S dan melihat kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh P4S serta memberi masukan bagi perbaikan P4S. Ia berharap P4S bersinergi dengan BBPP Ketindan serta dinas setempat untuk melahirkan kader-kader di bidang pertanian terutama tumbuh kembang petani muda yang berorientasi agribisnis dan semangat membangun kemajuan pertanian di Indonesia. SY/YNI