Mampu Tingkatkan Produktivitas, Kementan Apresiasi dan Beri Semangat Penyuluh Pertanian di Maluku

udin abay | Minggu, 28 November 2021 , 11:13:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penyuluh adalah ujung tombak pembangunan pertanian. Penyuluh harus mampu mengaplikasikan inovasi teknologi dilapangan, agar mampu menibgkatkan produktivitas guna sehingga terwujud ketahanan pangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengungkapkan, keberhasilan kinerja penyuluh pertanian dilihat dari peningkatan produktivitas. "Penyuluh yang berhasil bila mampu meningkatkan produktivitas di daerahnya dan membawa kesejahteraan petani", ucapnya.

Untuk lebih memberikan semangat kinerja para penyuluh PNS, THLTBPP, dan PPPK khususnya di Maluku, BPPSDMP memberikan topi dan rompi. "Pemberian rompi dan topi ini hanya sebagai penyemangat dan memotivasi penyuluh dalam menjalankan aktivitasnya di lapangan . Ini juga sebagai bentuk perhatian dan apresiasi Kementan terhadap kinerja penyuluh di Provinsi Maluku", ujar Widyaiswara Kementan, Hasan Latuconsina. (26/11)

"Penyuluh pertanian setiap saat harus mendampingi petani di lapangan utamanya memperbaiki usahatani, sehingga petani mendapatkan pendapatan yang layak. Caranya dengan mereka meningkatkan produksi dan produktivitas dengan menerapkan inovasi teknologi", ungkap Hasan Latuconsina. SY/LATU