Mentan Ajak Petani Milenial Perkuat Kedaulatan Pangan

udin abay | Senin, 29 November 2021 , 15:11:00 WIB

Swadayaonline.com - Menjaga kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, Kementerian Pertanian mengajak para petani milenial untuk sama-sama memperkuat kedaulatan pangan.

Ajakan itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dalam program Menteri Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian (MSPP) yang digelar oleh BPPSDMP di ruang Agricultural War Room (AWR) Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Menurut Mentan, kedaulatan pangan adalah kunci atas berbagai kemajuan bangsa yang harus diperjuangkan bersama sebagai nilai kemanusiaan.

"Jadi yang paling penting dari pertanian itu adalah mampu gak kita membangun mindset dalam hati dan pikiran kita bahwa yang kita kerjakan ini sesuatu yang bersentuhan pada tugas, fungsi dan peranan kemanusiaan. Karena itu mau gak kita membangun agenda intelektual bahwa yang kita punya tugas ini adalah amanah dalam menjaga makanan. Inilah saatnya kita memperkuat kedaulatan pangan," ujar Mentan SYL.

Ia berharap semua pihak bisa memperkuat kedaulatan pangan dengan menjaga pertanian. palagi, kata Mentan, sektor pertanian selama masa pandemi terbukti mampu menjadi penopang ekonomi nasional. Bahkan pertanian mampu membuka banyak lapangan kerja melalui produksi hilirisasi yang berorientasikan ekspor.

"Makanya kalau kita mau menjadi pejuang maka kita harus membuat kebaikan bagi bangsa ini. Yang kedua kita harus bersemangat dalam melakukan sesuatu. Apalagi kita ini menyediakan makan bagi banyak orang, jadi tidak boleh mundur," katanya.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki hamparan luas lahan subur. Juga merupakan negara penghasil produk pertanian berkualitas yang dibutuhkan banyak negara.

"Kalau begitu pekerjaan ini hebat, pekerjaan ini ada jaminan Tuhan. Kita sudah punya modal alam yang subur, air yang cukup, matahari yang bersinar dan udara yang bagus. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya," tutupnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan jika kedaulatan pangan bisa dijaga dengan maksimal jika didukung SDM berkualitas.

"Oleh karena itu, kita terus berupaya mencetak SDM-SDM berkualitas. Baik penyuluh, petani, poktan, gapoktan, maupun petani milenial," tuturnya.

Dedi menjelaskan, SDM memegang peran penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Faktor pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas adalah SDM. Oleh karena itu, jika kita ingin pembangunan pertanian maksimal, maka maksimalkan dahulu SDM-nya," tambahnya. SY/CHA