Swadayaonline.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya integrasi sistem peternakan, khususnya peternakan sapi melalui pemanfaatan hutan. Ini juga dibutuhkan dalam mengembangkan ternak sapi perah.

Mentan Amran berharap nanti peternak yang kecil bisa tumbuh menjadi menengah, yang menengah tumbuh menjadi besar  dan yang besar akan menjadi semakin besar.
 
Sementara pada acara Ngobrol Asyik On The Spot (Ngobras OTS) volume 12 bertemakan "Emas Hitam Lebih Tentram", Selasa (30/04/2024), Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan kelapa sawit yang dihasilkan di Aceh harus dimanfaatkan untuk diekspor, begitu juga potensi perternakan di Aceh Besar ini memiliki indentifikasi yang sangat tinggi

“Sektor pertanian memiliki keuntungan yang sangat banyak dan kita tidak bisa menghasilkan produksi apapun yang baik jika pupuknya tidak dirawat dengan baik, pupuk organik dapat menghasilkan oksigen yang banyak”, ujar Kabadan Dedi.

Hadir mewakili Bupati Aceh Besar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jakfar mengatakan bahwa dengan kehadiran P4S dapat menjalin kerja sama dengan berbagai instansi serta potensi Aceh Besar dalam bidang pertanian menjadi semakin besar.

“Saat ini 21 ribu hektar lahan baku sawah dan sektor perternakan dimiliki oleh Aceh Besar terintegrasi pula dalam hal pertanian dan perternakan’’, ujarnya. 

Jakfar berharap petani memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk kesejahteraan masyarakat dan mengajak petani milenial untuk berkarya diberbagai sektor pertanian.

Menurut Narasumber Ngobras OTS, yang merupakan Ketua P4S Aceh Tani Lestari, Uzir mengatakan untuk meraih keuntungan yang lebih, biasanya melakukan bisnis dengan mengembangkan satu ekor sapi yang nantinya akan diputar kembali menjadi pemanfaatan yang bermacam-macam.

Untuk Biogas juga diproduksi disini dan telah diuji coba kepada 3 rumah dahulu. Saat ini akan terus berinovasi untuk mengolah limbah agar bisa dibisniskan dan menjadi uang”, jelas Uzir.

Uzir juga memberikan tips untuk memberi pakan, dengan memberikan beragam tumbuhan hijau-hijauan yang difermentasi karena akan banyak mudah dicerna dan banyak kaya akan manfaat yang mengembangkan ternak. HV/NF