Sembalun Fokus Kembalikan Kejayaan Bawang Putih

udin abay | Selasa, 15 Mei 2018 , 21:25:00 WIB

Swadayaonline.com - Bicara Sembalun sebuah daerah di kaki Rinjani, tepatnya di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB tentu tidak ada habisnya. Bukan hanya dikenal dengan Gunung Rinjaninya yang menjulang tinggi dan eksotis, tetapi juga potensi alam atau sember daya alamnya begitu luar biasa. Komoditas sayuran dan buah-buahan dari Sembalun menyumbang sebagian besar pasar di NTB. Bahkan bawang putihnya dikenal luas mempunyai ciri khas tersendiri dan sangat digemari oleh banyak masyarakat.

Sebagai wilayah yang pernah menjadi sentra bawang putih nasional, kini pemerintah gencar untuk mengembalikan lagi potensi bawang putih di Sembalun. Berbagai upaya dilakukan agar petani kembali berusahatani di bidang budidaya bawang putih. 

Tahun 2017 Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan pelatihan tematik bawang putih dan cabai sebanyak 24 angkatan. Tahun 2018 ini juga dilaksanakan kembali sebanyak 3 angakatn khusus untuk bawang otuih di Sembalun. Hal ini dilakukan sebagai prirotas untuk peningkatan produktivitas bawang putih di Sembalun. Dikarenakan saat ini pangsa ekspor relatinf tinggi dan stabil disamping nilai ekonomisnya tinggi. 

Dampak pembangunan infrastruktur di Sembalun diharapkan bisa meningkatkan luas tanam dan indeks pertanaman bawang putih. Hal yang tak kalah penting dalam budidaya bawang putih adalah pengendalian OPT. Adanya pembekalan materi dan praktek secara langsung pengendalian OPT sangat membantu petani untuk melakukan pengendalian sejak dini. Praktek lapang yang dilakukan oleh peserta difokuskan kepada pembuatan pestisida nabati sebagai pengendalian OPT dan mengunjungi petani produsen benih bawang putih yang bisa dijadikan mitra oleh petani di Sembalun. SY/YNI