ASN Wajib Menjunjung Tinggi Integritas

udin abay | Selasa, 14 Agustus 2018 , 20:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu agenda rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan adalah menyelenggarakan capacity building. Tim Satuan Pelaksana (Satlak) Sistem Pengendalian Internal BBPP Ketindan tahun ini melaksanakan kegiatan capacity building dengan menghadirkan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Heni Nugroho dan Pujo Harmadi.

Dengan tema “Pembangunan Integritas Program dan Layanan Pertanian yang Bersih Bebas Gratifikasi”, BBPP Ketindan berusaha untuk meningkatkan sistem pelayanan publik yang baik dan bebas dari gratifikasi. Tentunya hal ini menjadi sangat istimewa dimana indikasi korupsi, gratifikasi, nepotisme masih menjadi momok bagi  penegakan wilayah bebas korupsi dikalangan birokrasi.

Zona integritas yang diberikan kepada pimpinan dan jajarannya untuk berkomitmen mewujudkan pencegahan korupsi dengan meningkatkan pelayanan informasi publik, yang terdiri dari standar pelayanan, budaya pelayanan prima dan indeks kepuasan masyarakat. Di hadapan seluruh pegawai BBPP Ketindan, narasumber berusaha memberikan materi yang mudah dicerna untuk diterapkan oleh pegawai mulai dari unsur pimpinan sampai kepada bawahan. 

Integritas begitu penting dilaksanakan dalam sistem pemerintahan agar bebas korupsi dengan kata lain wilayah bebas korupsi. Salah satu contoh penting adalah pakta integritas yang telah ditandatangani oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah bukti komitmen menjadi ASN. Bahwa wajib kiranya menjunjung tinggi perkataan yang benar, pikiran yang benar dan tindakan yang benar dan saling bersinergi dengan kata lain yaitu Integritas. SY/YNI