Kementan Salurkan Bantuan Ayam KUB di Batujai, Lombok Tengah

udin abay | Senin, 20 Agustus 2018 , 16:50:00 WIB

Swadayaonline.com - Kebahagiaan terpancar dari wajah RTM penerima bantuan anak ayam program #Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera).  Pada hari itu (15 dan 18 Agustus 2018) sebanyak 410 dan 180 RTM di Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Nusa Tenggara Barat telah menerima bantuan ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) sebanyak 50 ekor/RTM.

RTM mengantri dengan tertib untuk mendapatkan haknya dengan membawa bukti foto copy KTP atau KK untuk pengecekan nama yang tercantum dalam daftar penerima dan RTM yang mengambil. 

Karena yang diterima adalah DOC, maka oleh Kementerian Pertanian, RTM dilengkapi dengan kandang brooder plus sekam sebagai alas, 1 buah lampu pijar 15 watt, kabel listrik sepanjang 5 m, tempat pakan dan minum, serta pakan. Ayam akan dipelihara selama 3 minggu – 1 bulan dalam kandang brooder, selanjutnya dipindah ke kandang pembesaran. 

RTM dalam merawat ayam-ayamnya didampingi oleh pendamping selama 5 bulan. Selain memberi pimbingan, pendamping juga bertugas untuk membuat laporan kepada Koordinator Lapang dan TKSK yang berfungsi untuk pengambilan tindakan jika terjadi hal yang perlu penanganan. Isi pantaunnya diantaranya, kondisi ayam terkait misalnya jadwal vaksinasi,  sakit, kematian,  jumlah telur dan lainnya. 

“Saya sangat senang dan berterimakasih kepada pemerintah atas bantuannya, saya ingin anak-anak saya dapat makan telur dan daging ayam  agar gizinya meningkat, selain itu saya juga bisa menjual turunannya” ujar salah satu penerima bantuan. 

Pemerintah sangat perhatian kepada masyarakat kurang sejahtera dan bertekad untuk mengurangi jumlah kemiskinan dikantong-kantong kemiskinan sebanyak 10% setiap tahunnya melalui program yang langsung bersentuhan dengan rakyat pra-sejahtera sesuai dengan Program Nawacita seperti Program. SY/HMSL