Nikmati Sensasi Baru Manisan Cabai Merah

udin abay | Kamis, 23 Agustus 2018 , 12:09:00 WIB

Swadayaonline.com - Cabai merah adalah salah satu komoditas hortikultura yang menjadi prioritas pengembangan oleh Kementerian Pertanian. Berbagai upaya untuk menggenjot produksi cabai merah dari sektor on farm dilakukan oleh Kementerian Pertanian agar produktivitas cabai merah meningkat. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang turut berperan dalam peningkatan produktivitas cabai merah melalui pelaksanaan pelatihan bagi penyuluh, petani dan pelaku usaha cabai. Dari sisi off farm, Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian BBPP Lembang juga terus berupaya berinovasi melakukan berbagai pengolahan hasil, salah satunya pengolahan cabai merah sebagai upaya diversifikasi olahan cabai merah.

Kegiatan pengolahan hasil pertanian yaitu cabai merah yang dilakukan di Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian BBPP Lembang, untuk memberikan wawasan dan keterampilan bagi peserta pelatihan ataupun yang berkunjung ke balai. Bagaimana mengolah produk sesuai dengan Good Agricultural Practices (GAP), meningkatkan nilai tambah cabai merah dan memperpanjang daya simpan produk dengan mengolah cabai merah menjadi berbagai produk olahan seperti abon cabai, manisan cabai merah, cookies cabai merah, cabai kering, bubuk cabai, saos cabai, dan stik cabai. Wawa Risnawaty, Widyaiswara Spesialisasi Pascapanen dan Pengolahan Hasil Pertanian menyampaikan, Selasa (21/08/2018), “Manisan cabai merah ini merupakan bagian dari upaya diversifikasi olahan cabai merah, yang dapat meningkatkan nilai tambah cabai merah saat hasil panen melimpah atau harga cabai rendah”. Lebih lanjut Estu Hariani, Pengelola Laboratorium menyampaikan “Olahan cabai merah juga dapat memperpanjang masa simpan dan membuka lapangan kerja’, ujarnya.

Bahan yang digunakan untuk mengolah cabai merah sangat sederhana, hanya membutuhkan cabai merah segar, gula putih, sedikit perasan jeruk lemon, dan sedikit garam. Untuk 1 kg cabai merah, membutuhkan 1 kg gula putih. Cara mengolah cabai merah menjadi manisan cabai sebagai berikut yaitu cuci cabai merah, buang bijinya, rendam cabai dengan larutan garam selama 1 malam, cuci dan tiriskan, cabai merah diblanching dalam larutan gula yang sudah diberi perasan lemon, rendam cabai merah dan gula tersebut selama 1 semalam, lalu tiriskan, taruh dan susun cabai merah diatas loyang, oven selama kurang lebih 20 jam, dan kemas manisan cabai merah kedalam plastik kemasan, beri label supaya terlihat menarik. SY/CTY