Petani Ikuti Pelatihan OTM Tentang Teknologi Perbenihan Tanaman Brokoli

udin abay | Jum'at, 31 Agustus 2018 , 11:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dengan Taiwan Technical Mission dalam hal pelatihan berbasis outcome, yaitu selain peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan, juga diharapkan pendapatan petani akan meningkat yang berujung pada peningkatan kesejahteraannya. Upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan materi tentang teknologi pertanian terkini, yang modern namun mudah diterapkan, serta ramah lingkungan selama proses berlatih sebanyak 7 sesi.

Ini agar petani nantinya dapat melakukan budidaya dengan baik sehingga hasil panen juga akan baik karena setelah berlatih, mereka juga akan terus didampingi baik oleh penyuluh pendamping, corefarmer, BBPP Lembang, TTM, dan pihak lainnya, untuk mengantisipasi setiap permasalahan yang mungkin timbul dan membutuhkan pemecahan masalah secara cepat dan tepat. Selain itu, BBPP Lembang dan TTM melalui Bavas, menyediakan Packing House sebagai sarana pembelajaran pemasaran bagi peserta pelatihan. 

Rabu (29/08/2018), Sesi 2 dilaksanakan di Kelompok Tani Mekar Wangi Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat yang tergabung dalam angkatan 34. Tiga puluh orang peserta pelatihan yang merupakan petani sekitar, menerima materi tentang teknologi pertanian tentang perbenihan tanaman sayuran khususnya brokoli. Materi disampaikan oleh penyuluh pendamping tentang perhitungan kebutuhan benih brokoli di lahan, bagaimana persiapan benih dengan melakukan seleksi terhadap benih brokoli yang bagus untuk ditanam dan yang tidak, dan bagaimana melakukan persemaian benih. Selanjutnya, peserta langsung mempraktikkan bagaimana seleksi benih dan melakukan persemaian benih kedalam tray-tray setelah sebelumnya menyiapkan media tanamnya berupa arang sekam dan tanah. 
Mamiek, penyuluh pendamping menyampaikan saat memberikan materi kepada peserta “teknologi pertanian diantaranya perbenihan tanaman, dapat dilakukan melalui seleksi benih. Tujuannya agar kita mampu memilih dan membedakan benih yang berkualitas pada tanaman brokoli. Benih yang baik, pemeliharaan yang tepat, maka akan menghasilkan tanaman brokoli yang berkualitas”, tegasnya. SY/CTY