Pemuda Pemudi Generasi Emas Cinta Pertanian

aa | Sabtu, 27 Oktober 2018 , 07:13:00 WIB

Swadayaonline.com - Yayasan Indonesia menuju Emas yang bergerak dibidang pemberdayaan, bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, menyelenggarakan Magang Hidroponik. Magang diikuti oleh bagi 80 orang siswa-siswi SMA dan sederajat wilayah Bandung, Cirebon, Majalengka, dan Indramayu. Magang dilaksanakan selama 2 hari mulai 16 – 17 Oktober 2018. 

Selama magang, didampingi widyaiswara dan pengelola lahan praktik, dihari pertama peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan praktik langsung secara bergantian bagaimana proses membuat pupuk organik, bagaimana menyiapkan media tanam berupa campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang, melakukan persemaian dalam tray, dan penanaman dalam polybag,. Hari kedua, peserta juga dibagi menjadi 3 kelompok untuk praktik pembuatan instalasi hidroponik sistem deep flow technique, wick system, dan vertikultur. Mereka sangat antusias mengikuti proses magang dari sesi ke sesi. 

Yanti, dari Yayasan Indonesia menuju Emas menyampaikan disela-sela mendampingi peserta, “Kami tertarik membawa anak-anak milenial ini adalah wujud dari kepedulian kami dibidang pertanian. Memotivasi anak muda bahwa jadi petani itu juga bisa keren karena dengan teknologi pertanian contohnya hidroponik ini, memang tepat untuk memberikan pemahaman kepada mereka bahwa pertanian itu bidang yang menjanjikan dimasa depan”. Hal yang sama disampaikan oleh 2 orang peserta yaitu Putra dan Rifka bahwa “Teknologi pertanian hidroponik sangat baik untuk kemajuan pertanian Indonesia. Dengan hidroponik disamping hasilnya lebih baik, lebih higienis, efisien dan bisa menjadi metode baru untuk pertanian Indonesia. Anak-anak muda seperti kami bisa jadi pelopor pertanian karena ternyata caranya tidaklah sulit. Kami akan coba terapkan di sekolah kami masing-masing dan kami tularkan kepada teman-teman kami”. SY/CTY