Mahasiswa Universitas Jambi Belajar Pertanian Hidroponik

udin abay | Selasa, 13 November 2018 , 07:55:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang kedatangan 175 orang mahasiswa-mahasiswi Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jambi, Senin (12/11/2018). Didampingi para dosen, mereka diterima secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Iski Suharno. Diskusi singkat dilakukan tentang tugas pokok dan fungsi BBPP Lembang dan kegiatan strategis apa saja yang dilakukan oleh balai untuk mendukung program pemerintah.

Setelahnya, peserta menuju lahan praktik balai untuk belajar tentang teknologi pertanian yang diterapkan di BBPP Lembang, seperti pertanian hidroponik yang diaplikasikan dengan cantik melalui pemanfaatan lahan pekarangan dengan sistem deep flow technique secara vertikultur untuk tanaman selada sehingga hasil produksi lebih banyak dan nilai jual pun bertambah. Selain itu, dikenalkan teknologi kultur jaringan berbagai tanaman seperti pisang, anggrek, dan kentang didalam laboratorium.

Antusiasme mahasiswa belajar pertanian terlihat saat menggali informasi dari pengelola lahan praktik tentang budidaya tomat dengan sistem irigasi tetes, mulai dari proses penanaman, pemeliharaan bagaimana pengendalian hama penyakit serta proses panennya. Di laboratorium Agens Hayati, peserta memperoleh penjelasan bagaimana pengendalian musuh alami hama dan penyakit pada tanaman dengan trichoderma. SY/CTY