Penasaran Dengan BASTP, PIII Cabang Bogor Sambangi Cimanggu

aa | Jum'at, 30 November 2018 , 14:46:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu organisasi wanita, PIII Cabang Bogor, Kamis 28 November 2018 bertandang ke Kawasan Wisata Ilmiah Cimanggu (KAWITAN) Bogor. Rombongan berjumlah 18 orang dipimpin oleh Ketua PIII Cabang Bogor Ibu Wati Priyambodo berkesempatan hadir bersama pengurus dan anggota diterima oleh perwakilan dari Bogor Agro Science Techno Park (BASTP) Didu Wahyudi, M.Si dan Dani Medionovianto, S.Pt.

Kedatangan rombongan sebagai upaya edukasi dari PIII Cabang Bogor kepada para pengurus dan anggotanya untuk mengetahui lebih banyak tentang BASTP, ujar Wati Priyambodo. 

"Selama ini kami mengenal kawasan cimanggu sebagai daerah yang kaku, serius, tempat penelitian, dan kami mengenalnya hanya Balitro," ujarnya.  

Pada kesempatan tersebut, rombongan diterima dan disuguhi tayangan inovasi Balitbangtan di salah satu display multimedia, Agrocinema.

“Tahun 2018 adalah tahun ke-2 dalam roadmap BASTP untuk menguatkan Brand Recognition BASTP,  sehingga masyarakat mengenal tentang BASTP," terang  Didu Wahyudi.   

Lebih lanjut Didu menyampaikan 6 fungsi layanan BASTP yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya bagi masyarakat.  Enam fungsi layanan itu antara lain wisata ilmiah, kunjungan edukasi, bimbingan teknologi, konsultasi teknologi, inkubasi bisnis dan konsultasi kelayakan usaha.

Kunjungan rombongan dilanjutkan ke Taman Agro Inovasi yang terletak kurang lebih 100 meter dari Agro Cinema. Di sini rombongan melihat display pemanfaatan inovasi pertanian tentang Urban Farming. Antusiasme terlihat dari raut peserta yang semakin tertarik dengan disuguhkannya demo tentang pengolahan pangan yaitu pembuatan jus dari sayuran pakcoy (smoties) dan budidaya micro green. 

“Kami menitipkan pesan kepada PIII Cabang Bogor untuk mengenalkan BASTP kepada masyarakat luas, khususnya kota Bogor untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin”, ujar Dani Medinovianto. 

Hal ini disambut baik dari PII yang menyatakan bahwa mereka akan menginformasikan tentang BASTP kepada handai taulan dan kerabat,  "Kami sangat berbangga hati mengetahui peran Badan Litbang Pertanian yang begitu besar perannya dalam pembangunan pertanian," pungkas Ibu Tati, salah satu pengurus pada akhir kunjungan. SY/HMSL