BBPP Ketindan Raih Tiga Penghargaan

aa | Sabtu, 08 Desember 2018 , 21:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Tahun 2018 akan segera berakhir. Berbagai capaian telah dapat dilalui dengan baik oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Dan semua berkat kerja keras bersama untuk berusaha mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Capaian pertama diawali dengan meraih penghargaan pertama untuk kategori informatif dalam lomba website dan keterbukaan informasi publik. Dalam perkembangannya keterbukaan informasi publik dalam lingkup PPID memiliki peran yang sangat penting mencapai terwujudnya keterbukaan yang hakiki terhadap masyarakat. PPID harus mengusung paradigma baru, proaktif menyebarkan informasi sesuai pedoman dan peraturan yang ditetapkan. Hal ini dilaksanakan oleh BBPP Ketindan bukan hanya melalui informasi yang tersedia di website, media online, media cetak tetapi juga bisa didapatkan secara langsung ke ruang layanan di BBPP Ketindan. Bersama lima UPT dibawah lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, BBPP Ketindan meraih penghargaan pertama dengan kategori informatif, dilanjutkan dengan PPMKP Ciawi, BBPP Kupang dan BPP Lampung, sedangkan BBPKH Cinagara dan Polbangtan YoMa meraih penghargaan dengan kategori Menuju Informatif. 

Capain kedua adalah memperoleh akreditasi kelembagaan untuk program pelatihan pengolahan hasil ubi jalar dan ubi kayu dengan  perolehan prosentase 93,81 atau skor A yang berlaku untuk 5 tahun kedepan. Capaian hasil memuaskan akreditasi ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan dari pengajuan surat secara resmi kepada Puslatan, kemudian proses pemberkasan dokumen serta upload data kelengkapan akreditasi, lalu dilanjutkan dengan penilaian oleh Tim Asesor yang juga dilaksanakam beberapa tahap sampai kepada visitasi dan dilanjutkan dengan rapat tim penilai untuk menetapkan hasil penilaian akreditasi.

Dari semua unsur mulai organisasi kelembagaan, program dan pengelolaan diklat yang disertai dengan bukti fisik BBPP Ketindan meraih nilai A atau 93,81 dari Tim Assesor untuk Pelatihan Pengolahan Hasil Ubi Kayu dan Ubi Jalar. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta semua pihak BBPP Ketindan yang telah sinergi untuk mendapatkan akreditasi A. 

Capaian selanjutnya adalah raihan penghargaan sebagai Unit Kerja Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2018. Penilaian WBK  menjadi tolok ukur kepercayaan masyarakat kepada BBPP Ketindan sebagai salah satu unit kerja Kementerian Pertanian dalam penyelenggaraan pelatihan.  Dengan capaian ini, kedepan BBPP Ketindan akan memaksimalkan peran sebagai lembaga pelatihan terakreditasi agar lebih meningkatkan pelayanan, mutu serta kualitas kediklatan dan semua fasilitas yang bisa dimanfaatkan dengan baik peserta diklat maupun pengguna jasa lainnya. SY/YNI