Yogi, Sosok Petani Milenial Bersertifikat

aa | Selasa, 08 Januari 2019 , 19:23:00 WIB

Swadayaonline.com - Lahir dari suatu dusun kecil Tanjung Kidul, Desa Karang Anyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Rahmad Yogi seorang pemuda tani alumni Magang Jepang sukses menjadi seorang wirausahan muda. Setelah mengikuti Magang Jepang tahun 2012, Yogi gigih mengembangkan ilmu budidaya hortikultura yang telah didapatnya selama mengikuti magang.

Yogi merupakan petani binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Jawa Timur. Dari BBPP Ketindan inilah Yogi selalu mengembangkan ilmu dan potensi yang dia miliki. Hingga lahirlah kelompok tani Cempiring dan diketuai oleh Yogi.

Berkat kepiawaiannya dia mendapat dukungan pembinaan dari CSR PT. Pomi Paiton Energi berupa sarana bangunan yang dijadikan sebagai Pusat Pelatihan Pertanian di Perdesaan Swadaya (P4S) yang diberi nama “Yoganik”.

Dukungan juga mengalir dari Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo untuk mengembangkan Kegiatan Rumah Pangan Lestari (KRPL) khusus tanaman hortikultura berbasis organik berorientasi agribisnis. Lebih mengejutkan lagi bahwa semua jenis tanaman hortikulturan yang dikembangkan oleh Yogi adalah jenis sayuran dataran tinggi yang dikembangkan di dataran rendah dengan hasil pengembangan yang sangat fantasis. Seperti buah bit dan kentang mampu dihasilkan oleh Yogi.

P4S Yoganik telah bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk turut mengembangkan KRPL, terutama pengembangan karangan sebagai sumber gizi keluarga dengan menerapkan prinsip-prinsip organik dengan teknik budidaya yang diajarkan oleh Yogi, sehingga kedepan masyarakat bertambah pendapatan keluarganya.

Pada tahun 2016, Yogi mendapatkan sertifikat Kompeten sebagai Fasilitator Organic Tanaman dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian Kementerian. Pertanian. Yang diikuti dengan P4S Yoganik terpilih menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dalam bidang Pertanian Organik dan Budidaya Sayuran dari LSP Pertanian Kementerian Pertanian. Dan pada tahun 2018 telah menjadi Asesor bidang Pertanian Organik

Sampai saat ini Yogi telah menjalin kemitraan dengan PT. Pomi Paiton Energi (PEE) kerjasama dalam bidang pemberdayaan dan pasar sayur organik untuk karyawannya, dengan PIPMI kerjasama dalam pemasaran sayur organik dan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Problinggo untuk pemberdayaan masyarakat pertanian.

Jerih payahnya sebagai petani muda dibuktikan degan meraih Juara Nasional Pemuda Pelopor dan diikutkan sebagai undangan terhormat untuk menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada puncak acara Sumpah Pemuda yang dilangsungkan di Provinsi Riau tahun 2015. Dengan penghasilan setahun Rp.150 juta, Yogi patut mendapatkan predikat Petani Milenial Indonesia. SY/HMSDM