Sinergi Membangunkan Raksasa yang Sedang Tidur

aa | Senin, 14 Januari 2019 , 20:16:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian pada tahun 2019 telah mencanangkan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) seluas 500 ribu hektar. Sebagai langkah awal, sejak November 2018 Kementerian Pertanian telah melaksanakan Pilot Project Serasi di Provinsi Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan.

Khusus di Kalimantan Selatan, pilot project dilaksanakan di Kabupaten Banjar, tepatnya di Desa Tajau Landung dengan luas 140 ha dan Keliling Ilir Benteng seluas 60 hektar. Dalam rangka mendukung Program Serasi, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian menurunkan Tim Pendamping Serasi untuk wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, yang terdiri dari Pejabat Struktural dan penyuluh pertanian dan petugas lapangan lainnya. Dalan tinjaungan lapangan ke lokasi pilot project Desa Tajau Landung, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya berkesempatan melakukan tanam padi dengan sebar/tabur bersama Direktur Perbenihan, Ditjen Tanaman Pangan Muhammad Takdir Mulyadi dan petani serta penyuluh pertanian dengan menggunakan benih unggul Inpara 33 di Desa Tajau Landung, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Usai melakukan penanaman, Bustanul menyampaikan bahwa aksi tabur benih bersama ini adalah bentuk si nergi dari BPPSDMP dan Ditjen TP untuk mendukung program Serasi yang telah dicanangkan Bapak Menteri Pertanian. Seperti dilihat Tim Teknis Ditjen TP sebagai komandan kegiatan sudah luar biasa melakukan upaya untuk mengolah lahan rawa ini, dan kami datang untuk siap bahu membahu untuk membackup Tim Teknis Serasi, tentunya dengan semangat petani dan penyuluh di lokasi lahan rawa,” ujar Bustanul. Upaya kami dari BPPSDMP dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan bagi petani, dan Pelatihan yang diberiikan akan menyesuaikan kebutuhan Tim Teknis dan kondisi lahan rawa. Mulai dari pelatihan teknis sampai dengan pelatihan penggunaan alat mesin pesin pertanian di lahan rawa. Kami optimis program ini dapat berjalan, insha allah dengan sinergi kita coba bangunkan raksasa yang sedang tidur ini,” tambah Bustanul. SY/OKY