Budidaya Sayur Organik dan Olahan P4S Yoganik

udin abay | Senin, 14 Januari 2019 , 22:43:00 WIB

Swadayaonkine.com - Pengembangan dan pemberdayaan tanaman sayur organik yg biasanya tumbuh di dataran tinggi, kini di kembangkan di dataran rendah yang memiliki pemikiran akan pentingnya kesehatan dan pentingnya ketahanan pangan terutama diskala rumah tangga yang mempunyai kemauan untuk maju dan berkembang.

Seperti yang disampaikan oleh Mursyid Rusmana sebagai pengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau lebih dikenal dengan P4S Yoganik, kegiatan budidaya sayur organik dan olahannya telah di pasarkan ke rumah sakit, koperasi, komplek kompleks perumahan, dimana P4S Yoganik juga bekerja sama dengan CSR PT POMI PLTU Probolinggo Mursyid adalah salah satu pengelola dari P4S Yoganik bertindak sebagai marketing dan budidayanya, sedangkan Ketua P4S-nya adalah Rahmat Yogi yang telah terlebih dulu mengepakkan saya[nya dan telah banyak meraih penghargaa atas kegigihannya dalam meperjuangkan pertanian di daerahnya.

Awalnya, P4S Yoganik memulai pemasaran yaitu dengan door to door kepada teman, karena pada proses pemasaran, teman merupakan aset yg sangat penting. “Pada saat awal pemasaran seperti hal tidak laku, rugi atau semacamnya merupakan hal wajar, yang terpenting adalah bagaimana kita terus bangkit dan maju, jangan pernah sekali kita untuk menyerah, karena pada saat kita menyerah, habis lah kita,” pungkas Mursyid. Sudah saatnya kini para pemuda untuk bangkit dan menjadi tonggak para petani. Petani sejahtera, bangsa berjaya. SY/YNI