Pelaksanaan Survey Evaluasi Dampak Pelatihan Terhadap Alumni Pelatihan Tahun 2014-2015

udin abay | Selasa, 15 Januari 2019 , 16:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Pelatihan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan secara sistematis oleh suatu organisasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dapat meningkatkan kompetensi serta kinerja pegawai.

Peningkatan kompetensi seseorang ditentukan oleh interaksi beberapa aspek prilaku yaitu perilaku kognitif, perilaku afektif; dan perilaku psikomotorik.

Agar perubahan kompetensi seseorang sesuai dengan tuntutan jabatannya maka program pelatihan yang tepat adalah pelatihan berbasis kompetensi kerja atau Competency Based Training (CBT). Evaluasi pasca pelatihan merupakan salah satu rangkaian CBT, yaitu analisis Kebutuhan Pelatihan (AKD), perumusan Kebutuhan Pelatihan, monitoring dan Evaluasi Pelatihan, evaluasi Pasca Pelatihan; dan bimbingan Lanjutan.

Evaluasi Pasca pelatihan dilakukan dalam rangka untuk mengetahui manfaat bagi instansi pengirim di wilayah kerjanya masing-masing. Kemudian dilanjutkan untuk mengetahui seberapa besar manfaat/dampak pelatihan kita maka perlu dilakukan evaluasi dampak pelatihan.

Dari hasil Evaluasi dampak pelatihan diketahui bahwa Secara keseluruhan pelatihan yang telah dilaksanakan BBPP Ketindan pada tahun 2014 dan 2015 telah berdampak 65,93% terhadap peningkatan kinerja purnawidya penyuluh pertanian. SY/YNI