Belajar Pengolahan Lahan, Seleksi Benih, dan Persemaian

udin abay | Selasa, 22 Januari 2019 , 16:54:00 WIB

Swadayaonline.com - Hujan gerimis siang ini, Selasa (22/01/2019) tidak menyurutkan langkah-langkah kaki mereka peserta Pelatihan Onsite Training Model Extra (goes to Organic) Angkatan 2 untuk mengikuti sesi 4 yaitu praktik pengolahan lahan, seleksi benih, dan persemaian benih. Tiga puluh orang peserta yang tergabung di Kelompok Tani Wargi Saluyu Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, dibagi menjadi 3 kelompok.

Tampak para fasilitator baik Penyuluh PPL maupun Petugas POPT mendampingi para peserta dalam melakukan tiga jenis praktik sebagai langkah awal dalam proses budidaya pertanian secara organik. “Kelompok pertama melakukan pengolahan lahan menggunakan hand tractor, kelompok kedua melakukan persiapan pembuatan naungan dari bambu-bambu untuk tempat persemaian dan kelompok ketiga praktik seleksi benih lettuce dan sawi yang akan disemai didalam tray-tray”, jelas Evan. Lida, Petugas POPT menjelaskan tentang proses seleksi benih lettuce dan sawi, “kita beri perlakuan dahulu pada tahap seleksi benih ini yaitu memberikan PGPR agar benih tanaman lebih kuat terhadap serangan hama dan penyakit nantinya, seperti vaksinasi yang diberikan kepada manusia dan hewan. Setelah itu baru kita semai kedalam tray-tray”, jelasnya.

Selanjutnya,peserta dengan penuh semangat melakukan pengolahan lahan dengan hand tractor, belajar mengoperasionalkan hand tractor karena dengan mekanisasi maka kerja menjadi lebih ringan dan lebih cepat, lalu membuat bedengan-bedengan yang selanjutnya akan ditutupi dengan mulsa plastik dan dilubangi untuk proses penanaman nantinya. Di sudut lainnya, peserta asyik mengukur dan memotong bambu-bambu untuk membuat naungan tempat persemaian. Seleksi benih dilakukan dengan membuang benih yang tidak bagus, menanam satu persatu benih yang bagus kedalam tray-tray. SY/CHE