Petani Milenial Pendiri P4S di Pelosok Kalimantan Timur

udin abay | Kamis, 24 Januari 2019 , 09:27:00 WIB

Swadayaonline.com - Koswara salah satu petani sukses kalimantan timur, tepatnya di Desa Wana Sari Kecamatan Muara Wahau kabupaten Kutai Timur sehari-harinya mengelola kebun sawit 4 ha, kebun buah 2 ha, pohon gaharu 0,5 ha dan budidaya ikan nila 1,5 ha. Koswara yang juga ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya P4S Bina Karya sudah banyak melakukan pelatihan secara swadaya khususnya kepada petani milenial yang ada di kabupaten kutai timur.

Koswara dalam prinsip hidupnya bagaimana bermanfaat bagi orang banyak, “sukses buat diri sendiri adalah hal yang biasa tapi menjadikan orang lain sukses adalah hal yang luar biasa”. Dengan semangat yang tinggi koswara selalu memberikan pelatihan kepada pemuda - pemuda tani yang ada di kecamatan muara wahau, strateginya agar apa yang dilatihkan kepada pemuda dapat bermanfaat dan bisa menjadi sukses, koswara tiap minggunya melatih 2 orang pemuda maksudnya jika hanya melatih 2 orang ilmu pengetahuan keterampilan yang diberikannya dapat terserap dengan baik, karena jika memberikan pelatihan secara berkelompok kadang hanya 1 orang saja yang bisa menyerap dan benar benar mau berusaha tani kata ketua P4S Bina Karya.

Banyak pemuda tani tertarik belajar di P4S Bina Karya karena melihat keberhasilan koswara selama mengelola usaha tani pendapatan koswara boleh dibilang tinggi untuk ukuran petani yang ada di pelosok timur Kalimantan Timur, kebun sawit yang luasnya 4 ha hasilnya 4 juta per bulan, kolam ikan nila seluas 1,5 ha pendapatannya sekitar 60 juta perbulan, komoditi lain yang ada di P4S Bina Karya adalah nenas dan bebek hasil yang didapat dari nenas dan bebek cukup untuk kebutuhan sehari-hari kata koswara.

Fasilitas yang dimiliki P4S seperti Kantor, pondokan, dan 2 unit ruang pertemuan adalah swadaya P4S Bina Karya 2 unit ruang pertemuan ini tiap minggunya digunakan untuk kegiatan pelatihan, pertemuan dan kadang disewa oleh perusahaan sawit untuk rapat-rapat penting perusahaan hal ini bisa terjadi karena kondisi P4S Bina Karya begitu asri dan tenang. P4S Bina Karya yang merupakan binaan Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, dalam tahun ini fokus untuk melatih pemuda tani dan pendampingan sampai pemuda tani tersebut melakukan kegiatan usaha tani di kampungnya. Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul Arifin C. MDM berharap prestasi yang sudah dicapai hendaknya dipertahankan, untuk mencapai swasembada pertanian sangat diperlukan pejuang-pejuang pertanian yang handal dan penuh keiklasan. P4S merupakan lembaga strategis untuk membangun SDM pertanian melalui pelatihan dari petani untuk petani lanjutnya. SY/OKY