Nikmatnya Kopi Asli di'Coffean BBPP Lembang

udin abay | Jum'at, 01 Februari 2019 , 16:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Kini Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang punya di’Coffean. Hadir sebagai pelengkap sarana pembelajaran pemasaran komoditas kopi yang ada di balai, dimana sebelumnya sudah mempunyai sarana pembelajaran kopi mulai dari pembibitan, budidaya, panen dan pascapanen. “di’Coffean itu lahir dari keinginan BBPP Lembang untuk menciptakan SDM perkopian yang handal, mulai dari pembudidayanya, pengolah kopinya, barista, dan manajer café yang mumpuni”, jelas Ramadani Saputra, Kabid Penyelenggaraan Pelatihan sekaligus pencipta branding d’Coffean saat ditemui, Jumat (01/02/2019).

“Kita yakini bahwa kopi Indonesia itu punya cita rasa dan aroma yang khas dan tidak kalah dengan negara lain, dan inovasi pengembangan produk kopi masih bisa diciptakan”, ungkapnya. Mengapa di’Coffean? “di’Coffean diambil dari kata dalam bahasa Sunda “dikopian”yang berarti dikasih kopi dulu/ngopi dulu. Sengaja diambil dari bahasa Sunda agar tidak menghilangkan keaslian asal parahyangan dan juga berarti masih memegang prinsip kearifan lokal. Dipadukan dalam bahasa Inggris yang berarti masih mengikuti perkembangan zaman dan tak lekang oleh waktu”, ungkap Ramadani. Kopi bukan lagi hanya konsumsi orang tua, tetapi juga hobi anak muda.

Seperti yang terlihat saat jam istirahat kantor, Kamis (31/01/2019), Cafe di’Coffean ramai dikunjungi oleh beberapa pegawai balai yang sambil istirahat siang, peserta pelatihan dan warga sekitar saat malam hari dengan menikmati cemilan produk laboratorium pengolahan hasil pertanian seperti keripik jamur dan keripik kentang dan tentunya ditemani secangkir kopi. Ada yang sedang rapat, ada yang sedang kerja didepan laptop dan HP, ada yang hanya sekedar ngobrol santai sambil menikmati live music dari mahasiswa magang yang dengan sukarela menyumbangkan keahliannya main gitar dan nyanyi, menghibur pengunjung café.

Café yang baru rampung dibangun pada akhir tahun 2018 ini kini sudah bisa dinikmati oleh siapa saja yang ingin menikmati kopi. Berlokasi di tempat yang sangat representatif dan diukung oleh sejuknya suhu Lembang yang bisa meningkatkan motivasi dan menciptakan ide segar, cocok untuk pelaksanaan pelatihan, tempat nongkrong sambil meet up with friends ditemani secangkir kopi lezat hasil racikan barista. Ada coffee latte, cappuccino, vietnam drip, chypone, dll. Mencetak SDM perkopian itu memerlukan seni, rasa, dan hati. SY/CHE