Geltek Budidaya-Pascapanen Pisang Badan Litbang Pertanian

udin abay | Senin, 08 Mei 2017 , 22:43:00 WIB

Swadayaonline.com - Siapa tak kenal pisang (Musa spp), buah asli nusantara yang kaya akan gizi dan sangat popular.  Sejak jaman dahulu pisang sangat disukai dan menjadi bekal makanan utama bagi para pelaut. Pisang tumbuh subur di daerah tropis, karena perawatannya yang mudah dan banyak ragamnya di Indonesia.

Di Aceh sendiri pisang merupakan salah satu komoditas yang prospektif untuk dikembangkan, karena sesuai dengan kondisi agro-ekologinya yang merupakan dataran rendah basah.  Produksi  pisang di Provinsi Aceh saat ini mencapai 28.100  ton,  yang  menempati  peringkat kedua dibawah produksi nanas. Sementara itu, sentra produksi pisang yang utama di Provinsi Aceh adalah Kabupaten Pidie, Aceh Besar dan Aceh Timur (Data BPS Aceh 2012).

Di Aceh Timur terdapat pisang unggulan lokal, Awataja yang tahan terhadap layu bakteri dan hanya satu-satunya ada di Indonesia. Awataja merupakan produk unggulan untuk olahan sale (menggantikan PISANG AWAK yang saat ini pertanamannya hancur terserang penyakit layu bakteri). Di samping itu di Provinsi Aceh, terdapat beberapa pisang lokal yang lain, seperti Bu I, Talon, Nangka, Ayam, Gantang, Mah Sabang, Banten, Mas Aceh, Klat Barat, Lidi, Abin, Kapai, Swasa, Buu, Wak, Kepok dan Bhem.

Di area Gelar Teknologi (Geltek) Penas XV di Aceh, Pisang Awataja disandingkan dengan Pisang VUB Balitbangtan yang dapat dikembangkan di Provinsi Aceh.  Pisang VUB Balitbangtan yang ditanam adalah Pisang Raja Kinalun dilepas tahun 2009, Pisang Kepok Tanjung dilepas tahun 2009, Ketan dilepas tahun 2000, Barangan dilepas tahun 2004

Pertanaman pisang tersebut cukup bagus, apalagi di area Geltek tanaman pisang dipadukan dengan melon dan kangkung, sehingga sambil menunggu pisang berbuah selama kurang lebih 6 bulan, kangkung dan melon dapat dinikmati hasilnya terlebih dahulu karena berumur pendek.  Pisang Barangan untuk konsumsi langsung, sedang keempat pisang lainnya untuk olahan. 

Yang menarik dari Penas XV, selain dapat dilihat pertanaman pisang yang tumbuh subur, dapat dinikmati berbagai produk olahan pisang di lapangan. Pisang dapat diolah multiguna, karena dapat diolah menjadi nasi pisang sebagai sumber karbohidrat juga diolah sebagai serundeng dan cemilan ringan yaitu keripik pisang dengan aneka rasa yang kaya akan vitamin dan mineral. SY