Kunjungan Pelatihan Women Empowerment Bagi Serve I.P Timor Leste

aa | Minggu, 03 Februari 2019 , 22:23:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan menerima kunjungan dari Serve I.P. Timor Leste. Serve I.P adalah salah satu organisasi dibidang perkembangan UMKM di negara Timor Leste. Rombongan Serve I.P. tiba di Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan dengan disambut pertama kali oleh Humas BBPP Ketindan, Yeniarta Margi Mulya. Kegiatan kemudian dilanjutkan di Aula Mahkota Dewa yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai, Kresno Suharto. Dengan dihadiri oleh beberapa widyaiswara BBPP Ketindan.

Rombongan pelatihan Women Empowerment diikuti oleh 12 orang,terdiri dari panitia, pengusaha kecil UMKM dan Aparatur Sipil Negara Timor Leste. Setelah diterima, kegiatan kunjungan dilanjutkan ke beberapa departemen yang ada di BBPP Ketindan. Rombongan Serve I.P. dipandu oleh koordinator widyaiswara BBPP Ketindan Juniawan untuk mengunjungi departemen yang ada di BBPP Ketindan.

Kunjungan pertama adalah departemen proteksi tanaman. Rombongan diajak untuk mengetahui pembuatan asap cair dan sereh wangi dan pemanfatannya. Di laboraturium proteksi tanaman BBPP Ketindan, peserta dapat melihat alat-alat yang digunakan untuk membuat pestisida nabati dan agens hayati. Rombongan juga dapat melihat agens hayati yang masih diproses didalam laboraturim. Rombongan dapat melihat langsung hasil produk laboraturium proteksi tanaman yang merupakan formula dari departemen proteksi tanaman BBPP Ketindan.

Selanjutnya, rombongan menuju ke laboraturium pengolahan hasil pertanian, sebelum itu peserta dilewatkan pada lahan untuk melihat kegiatan budidaya. Yang bertepatan dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah pengolahan lahan untuk tanaman obat. Peserta tertarik untuk berfoto dan bertanya mengenai tanaman obat yang banyak ditanam di lahan BBPP Ketindan. Selanjutnya rombongan ke gedung pengolahan hasil dan disambut oleh koordiantor departemen pengolahan hasil. Peserta diajak untuk melihat hasil pengolahan hasil-hasil pertanian yang dikembangkan oleh laboraturium pengolahan hasil pertanian.

Rombongan Serve I.P. berkesempatan untuk mencoba hasil dari pengolahan, yaitu es krim buah dan bolu buah naga. Peserta sangat menyukai es krim dengan melihat beberapa adik-adik PKL yang sedang melakukan kegiatan produksi di laboraturium. Peserta banyak mengamati alat-alat yang ada. Rombongan melanjutkan kunjungan ke lahan dengan mengamati penggunaan lahan di BBPP Ketindan, lahan hidroponik menjadi pembelajaran yang baru dan inovatif bagi kunjungan. Diakhir acara rombongan mengunjungi Landbouw Mart Ketindan untuk melihat produk balai dan hasil produk UMKM binaan BBPP Ketindan. Disini rombongan dapat membeli produk sebagai oleh-oleh dan inspirasi untuk kemajuan UMKM di kampung halaman mereka, Timor Leste. SY/YNI