Kementan Siapkan 2000 Tanaman Untuk Kunjungan Ibu Negara di Sumedang

udin abay | Kamis, 07 Februari 2019 , 19:59:00 WIB

Swadayaonline.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden, Mufidah Jusuf Kalla, dan para istri pejabat yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) berkunjung ke Sumedang pada Kamis (07/02).

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana menyempatkan diri melakukan aksi menanam cabe bersama siswa/i SDN Tanjungsiang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan menanam ini sejalan dengan visi OASE Kabinet Kerja yang dibentuk oleh Ibu Negara, yakni Peduli Lingkungan.

Mendukung hal tersebut, Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian, Dirjen Hortikultura dan berbagai lingkup Kementan lainnya, menyiapkan sekitar 2000 Tanaman. Berbagai jenis tanaman yang diberikan diantaranya tanaman sayuran seperti Pakcoy, Sosin, Kangkung, Cabe, Selada Merah, Selada Hijau, Bawang Daun, Saledri, dan masih banyak lagi, untuk tanaman buah-buahan diantaranya 400 batang Mangga, 300 batang Jambu Kristal dan 300 batang Jambu Harman (Jamaika).

Selain tanaman, turut disiapkan pula 200 bungkus aneka benih sayuran, dan mendukung pembelajaran turut diberikan leaflet, polybag, tanah sebanyak 7 karung, 2 set vertikultur dan 2 set hidroponik. Kehadiran istri Presiden RI ini disambut suka cita oleh para siswa. Diawali dengan senam jasmani bersama, siswa-siswa SD nampak begitu semangat menerapkan hidup sehat sejak dini.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menanam bersama, dan ditutup dengan cuci tangan bersama. Ibu Iriana dan Ibu Mufidah mempraktikkan gerakan mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Ratusan siswa/i SD itu tampak antusiae saat mengikuti arahan tersebut sambil diiringi nyanyian dan tarian 'Cuci Tangan'. Salah satu siswa kelas 6, Imam Solihin, berkesempatan berbincang dengan Ibu Negara. "Imam sebelum makan apa dulu?" tanya Ibu Iriana. "Mencuci tangan," jawab Imam disambut tepuk tangan oleh siswa lainnya. Imam kemudian diminta memperagakan gerakan cuci tangan.

"Saya harap tidak hanya di sini saja. Semua bisa mencuci tangan (bersih)," tutur Ibu Iriana. Tak ketinggalan, istri Gubernur Jabar, Atalia Kamil, juga Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir beserta Ibu juga turut hadir pada kegiatan ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi SDN Pancor yang berada tak jauh dari SD Tanjungsiang untuk kegiatan makan ikan. Setelah itu, Ibu Negara beserta seluruh rombongan meninjau pelaksanaan sosialisasi program aksi deteksi dini kanker serviks dengan metode Individual Voluntary Arrangement (IVA) dan pemeriksaam IVA yang dilaksanakan di PT Kahatex, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Kanker Internasional yang jatuh pada tanggal 4 Februari. SY/HMSL