Pelatihan bagi Pemuda Tani Milenial di P4S Antanan

udin abay | Kamis, 14 Februari 2019 , 17:47:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka meningkatkan kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat pedesaan sehinga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas dan berdaya saing, Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai instansi penyelenggara pelatihan pertanian menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik sebanyak 2 angkatan yang dilaksanakan di P4S Antanan Desa Cimande, Kec. Caringin Kab Bogor selama 3 (tiga) hari efektif, dari tanggal 12 s.d. 14 Februari 2019 yang diikuti oleh 40 orang peserta.

Suhandi, Ketua P4S Antanan menjelaskan, “Pelatihan Teknis Tematik ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk lebih meningkatkan kapasitas pengelola P4S dalam menyelenggarakan dan atau melaksanakan pelatihan dan permagangan serta meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan yang dilaksanakan oleh kelembagaan pelatihan pertanian swadaya”.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di P4S ini dilaksanakan dengan pola pembelajaran yang menekankan pada praktek langsung dilapangan, materi yang disampaikan diantaranya adalah pengolahan pupuk organik dan cair, pembuatan arang sekam, budidaya dan pengolahan lidah buaya, mekanisasi pertanian dan marketing online. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberdayakan dan menciptakan SDM pertanian yang handal untuk membangun pedesaan, menumbuh kembangkan generasi peduli pelestarian alam dan lingkungan serta meningkatkan mutu daya jual komoditi pertanian.

“Kementerian Pertanian akan menciptakan 1 juta petani milenial, dan saat ini sudah mencapai 400 ribu petani milenial, untuk itu salah satu program pemberdayaan petani yang dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) sebagai kelembagaan pelatihan petani diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian dalam penciptaan dan mengembangkan sumber daya manusia pertanian melalui pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat disekitarnya”, ungkap Ajat Jatnika, Widyaiswara BBPP Lembang, ketika membuka pelatihan secara resmi, Selasa (12/02/2019). SY/ADY