BBPP Lembang Mendorong Generasi Milenial Menjadi Petani Andalan

udin abay | Jum'at, 15 Februari 2019 , 13:18:00 WIB

Swadayaonline.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, terus fokus melakukan pengembangan kualitas SDM Pertanian melalui pelatihan pertanian untuk mendorong generasi milenial menjadi petani andalan. Untuk mendukung program tersebut, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis BPPSDMP bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) yang berada di wilayah Jawa Barat menyelenggarakan pelatihan teknis tematik.

Kegiatan ini bertujuan selain untuk meningkatkan kapasitas pengelola P4S dalam menyelenggarakan dan atau melaksanakan pelatihan/permagangan, sekaligus mentransformasikan pengetahuan dibidang pertanian kepada para generasi muda. Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Lembang, Ramadani Saputra, yang membuka salah satu Pelatihan Teknis Tematik yang diselenggarakan di P4S Okiagaru Kabupaten Cianjur, Selasa (12/02/2018) mengungkapkan, “Kini jamannya petani milenial, petani berdasi yang mengerti teknologi.

Semua peserta pelatihan disini adalah petani-petani muda harapan masa depan bangsa, yang akan menjadi ujung tombak pertanian masa depan”, ujarnya. Pelatihan diikuti oleh 40 petani muda yang diadakan selama 3 hari 12 – 14 Februari 2019. Fasilitator yang mendampingi berasal dari UPTD Pertanian Kabupaten Cianjur, Praktisi/Pelaku Usaha, dan Widyaiswara BBPP Lembang. Adapun metode pelatihan teknis tematik di P4S ini lebih menitikberatkan pada kegiatan praktek lapang dibanding ceramah. Hal ini merupakan upaya untuk memberi kesempatan kepada peserta mendapatkan pengalaman langsung dalam menerapkan praktik usaha modern pertanian dari hulu ke hilir.

Ide dasar belajar berdasarkan pengalaman mendorong peserta pelatihan untuk merefleksi atau melihat kembali pengalaman-pengalaman yang mereka pernah alami. SY/GNC