Sekretaris BPSDMP : Kedepan OKUS Menjadi Lumbung Jagung Sumsel

udin abay | Sabtu, 23 Februari 2019 , 12:59:00 WIB

Swadayaonline.com - Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Prishasto Setyanto, Bupati Ogan Komering Ulu Selatan(OKUS), Popo Ali Martopo, Wakil Bupati, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Sumsel, BPTP Balitbangtan Sumsel, dan GAPOKTAN, lakukan panen jagung bersama di Desa Gemiung Kecamatan Buana Pemanca Kabupaten OKUS seluas 50 hektar pada hamparan pertanaman jagung seluas 100 hektar. (22/2/2019)

Prihasto mengatakan, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan merupakan salah satu sentra jagung tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan dengan luas panen 7.380 hektar sampai bulan februari dan potensi panen jagung sampai bulan maret sebesar 28.000 hektar dengan produksi jagung rata rata 6.3 sampai 7 ton, sedangkan jagung yang dikembangkan varietas P32. "Harapan kedepan Kabupaten Oku Selatan ini menjadi lumbung jagung di Sumatera Selatan", ujar Prihasto.

Pada acara tersebut, BPTP Balitbangtan Sumsel menyerahkan bantuan benih padi sebanyak 2 ton untuk MK I tahun 2019 setelah sblmnya telah diserahkan juga sebanyak 3 ton untk MH 2018. Selain itu juga diberikan bantuan motor roda 3, cornplanter dan benih jagung, benih padi varietas Inpari 33. Inpari 33 adalah Varietas Unggul Balitbangtan yang diluncurkan pada tahun 2013 dengan salah satu keunggulannya yaitu tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2, dan 3. SY/VTO