Melatih Santri Tani Milenial Sukses Bisnis Ayam Kampung

udin abay | Senin, 08 April 2019 , 14:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu upaya Kementerian Pertanian menggenjot generasi milenial usia 15-39 tahun di lingkungan pondok pesantren agar minat dibidang pertanian khususnya peternakan ayam, dengan dilaksanakannya Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial. Ini juga sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dibidang pertanian yang dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2019 ini.

Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial ini kegiatannya yaitu pemberian paket budidaya ayam kampung untuk setiap KSTM yang terdiri dari ayam kampung KUB 500 ekor usia 4 minggu, pakan selama 2 bulan, bantuan pembuatan kandang, vitamin dan desinfektan, dan pelatihan dalam bentuk Bimbingan Teknis selama 2 hari.

BBPP Lembang sudah melaksanakan Bimtek mulai dari bulan Maret tahun 2019 diberbagai kabupaten/kota di Jawa Barat. Tangga 8-9 April 2019, kembali digelar Bimtek Peningkatan Kompetensi bagi KSTM kerjasama BBPP Lembang dan Pusat Pendidikan Pertanian. Berlokasi di BPP Ciawi Kab. Tasikmalaya, 130 orang dari 13 KSTM akan berlatih budidaya ayam kampung.

Pembukaan kegiatan, Senin (08/04/2019) oleh Kabid Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Lembang, Ramadani Saputra, S.ST, M.EP. “Rekan-rekan santri nantinya akan belajar budidaya ayam kampung mulai dari desain kandang, cara membuat kandang, pemeliharaan ayam kampung, pengelolaan pakan ayam, dan penanganan penyakit dan vaksinasi. Kami mohon ikuti dengan serius dan interaktif dengan fasilitator agar nantinya santri bisa sukses bisnis ayam kampung”, ungkap Ramadani sesaat sebelum membuka kegiatan. SY/CHE