Bisnis Ayam Kampung Menarik Minat Santri Tani Milenial

udin abay | Jum'at, 19 April 2019 , 11:34:00 WIB

Swadayaonline.com - Tahun 2019 adalah tahun pengembangan SDM, termasuk SDM dibidang pertanian. Kementerian Pertanian terus berupaya menarik minat generasi muda agar mau terjun ke pertanian, karena mereka penerus dunia pertanian kedepan agar tercipta ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. Salah satu upayanya adalah dengan mencetak wirausahawan handal dibidang peternakan ayam kampung, yaitu para santri usia 15-39 tahun yang berada di lingkungan pondok pesantren, melalui Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

Bentuk kegiatannya yaitu pemberian paket budidaya ayam kampung untuk setiap KSTM yang terdiri dari ayam kampung KUB 500 ekor usia 4 minggu, pakan selama 2 bulan, bantuan pembuatan kandang, vitamin dan desinfektan, dan pelatihan dalam bentuk Bimbingan Teknis selama 2 hari. BBPP Lembang bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Pertanian menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kompetensi bagi KSTM.

Selama 2 hari tanggal 31 Maret - 1 April 2019, 120 orang santri tani dari 12 KSTM di Kabupaten Ciamis, berlatih budidaya ayam kampung. Lokasi Bimtek di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. Pembukaan kegiatan, Minggu (31/03/2019) oleh Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya, Bc.Hk, dan dihadiri oleh seluruh fasilitator Bimtek yang merupakan pejabat/petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selama Bimtek, peserta diberikan materi tentang: Desain kandang ayam; cara membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam; pengelolaan pakan ayam; dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit. Peserta praktik bagaimana cara melakukan vaksin tetes bagi ayam kampung agar ayam sehat dan terhindar dari penyakit yang mematikan. SY/CHE