Menjalin Kemitraan untuk Suksesnya Bisnis Sayuran

udin abay | Sabtu, 04 Mei 2019 , 11:04:00 WIB

Swadayaonline.com - Kelompok Tani Master Lemon di Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat merupakan peserta Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Onsite Training Model yang tergabung di Angkatan 49. Jumat (03/05/2019), memasuki sesi akhir dari rangkaian pelatihan 7 sesi yang telah dilaksanakan dari awal April, peserta berkunjung ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang untuk melihat sarana belajar pemasaran, Packing House, dan Green House pembibitan dan produksi. Dipandu oleh fasilitator pelatihan, Ramdhani dan Mamik, mereka memperoleh penjelasan beberapa sarana yang ada di Packing House mulai dari barang datang, ruangan pre-cooling, ruangan sortasi, ruangan wrapping, cold storage, dan ruangan display/pameran produk sayuran.

Didalam Green House yang modern, disampaikan bagaimana alur kerjanya dan proses pemeliharaan tanaman yang dilakukan dengan aman, menggunakan teknologi, sehingga hasil panen baik dari sisi kuantitas dan kualitas. Sesi 7 diakhiri dengan kegiatan penutupan secara resmi oleh BBPP Lembang yang dihadiri oleh pihak Taiwan ICDF melalui Taiwan Technical Mission dan juga seluruh pendamping baik penyuluh pertanian, petugas POPT, dan widyaiswara.

Kepala Seksi Pelatihan Non Aparatur, Irwan Waluya menyampaikan laporan hasil pelaksanaan selama pelatihan 7 sesi. Secara umum, pelatihan terlaksana dengan baik, hasil evaluasi menyatakan kompetensi peserta meningkat, penilaian terhadap fasilitator baik, dan peserta puas atas kualitas pelayanan penyelenggaraan pelatihan. Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Ramadani Saputra, menutup pelatihan secara resmi. “Bapak dan Ibu sebelumnya tadi telah berkeliling balai dan melihat Packing House. Saya berharap petani alumni Pelatihan OTM nantinya aktif ikut serta mengelola Packing House karena memang fasilitas ini dibangun sebagai rangkaian dari kegiatan pemberdayaan petani Lembang khususnya untuk alumni pelatihan”, jelasnya mengawali sambutan.

“Kemitraan menjadi kunci keberhasilan dalam agribisnis sayuran. Bapak Ibu tergabung di Kelompok Tani Master Lemon, karenanya saya berharap melalui core farmer dan penyuluh pendamping, jalin kemitraan dengan baik sesama anggota kelompok dan juga anggota kelompok lain sesama alumni, karena memang semuanya akan tergabung di Bandung Vegetables Station (BAVAS), atur pola tanam, karena syarat produk kita bisa laku di pasaran adalah terjaga kuantitas, kualitas, dan kontinuitasnya”, ungkap Ramadani.

Dadang Sopandi, Ketua Kelompok Tani Master Lemon dalam kesan dan pesannya menyampaikan, “Saya mewakili seluruh peserta menyampaikan terimakasih kepada BBPP Lembang, Taiwan Technical Mission, dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Penyuluh Pertanian Petugas POPT yang telah memberikan kami kesempatan mengikuti pelatihan ini. Kami menjadi lebih paham bagaimana budidaya sayuran yang baik dan ramah lingkungan. Besar harapan kami bisa lebih sejahtera kehidupan kami dan keluarga melalui kegiatan ini”, ujar Dadang. SY/CHE