Menyambut Idul Adha, Puslitbangnak Selenggarakan BHQ

udin abay | Sabtu, 26 Agustus 2017 , 12:28:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Bogor menyelenggarakan Bursa Hewan Qurban (BHQ). BHQ telah dilakukan setiap tahun dan pada tahun 2017 ini merupakan penyelenggaraan BHQ yang ke-18 yabg di buka dari tanggal 23 Agustus sampai 1 September. (26/8/2017)

Pelaksanaan BHQ bertempat di Lapangan Kantor Puslitbanak. Kegiatan BHQ diikuti sebanyak 20 peternak yang berasal dari Jawa Barat (Bogor, Sukabumi, Cianjur), Jawa Tengah (Boyolali) dan Jawa Timur (Lumajang) dengan jumlah hewan qurban yang saat ini sudah ada di lokasi sekitar 200 ekor sapi dan 300 ekor kambing/domba.

Penyelenggaraan BHQ ini merupakan salah satu perwujudan dari fungsi sosial pemerintah (Puslitbangnak dan Dinas Pertanian Kota Bogor) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyediaan hewan qurban yang aman, sehat dan utuh (tidak cacat) dan memenuhi syarat syariat agama Islam yaitu cukup umur (satu tahun untuk kambing atau domba dan dua tahun untuk sapi).

Tujuan lain dari penyelenggaraan BHQ adalah memberikan pembinaan kepada peternak dan konsumen dan peningkatan wawasan tentang penanganan hewan qurban, diantaranya sosialisasi “Tata Cara Pemotongan dan Penanganan Hewan Qurban”. Selain itu, untuk menyebarluaskan inovasi teknologi Balitbangtan juga akan diadakan pameran dan ekspose teknologi pertanian, bazaar dan lain sebagainnya.

Puslitbangnak bertindak sebagai fasilitator bagi peternak/pedagang dalam memasarkan ternaknya dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan hewan qurban untuk mendapatkan hewan qurban. Sementara bagi Dinas Pertanian Kota Bogor, BHQ menjadi bagian dari tugas dan fungsi kedinasannya dalam membantu para peternak sekaligus melindungi konsumen dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit hewan, menjaga kestabilan harga ternak, serta memberikan wawasan keilmuan dan teknik penanganan pemotongan hewan qurban. SY/HMS