Mahasiswa Magang UB Kolaborasi dengan Siswa Prakerin Budidayakan Kangkung Organik

udin abay | Kamis, 18 Juli 2019 , 18:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Saat ini kebutuhan makanan organik sangat diperlukan oleh masyarakat yang ingin menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu yang digemari masyarakat adalah sayuran organik yang dikonsumsi setiap hari.

Menjawab kebutuhan yang tinggi, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan juga membudidayakan sayuran organik yang setiap hari dipasarkan melalui Landbouw Mart Ketindan (LMK) maupun secara langsung dipasarkan kepada pembeli di pasar. Mahasiswa dari Universitas Brawijaya jurusan agroteknologi dan siswa prakerin dari SMKN Purwosari berkolaborasi untuk membudidayakan kangkung organik melalui KRPL dengan media hidoganik dan aeroponik serta secara manual yang ditanam di polybag.

Kegiatan ini adalah bagian dari praktek yang dikerjakan oleh mahasiswa maupun siswa prakerin bagaimana keilmuan mereka bisa diterapkan di lahan praktek BBPP Ketindan. Selain pembudidayaan, mereka juga melanjutkan dengan sanitasi pada media-media tanam agar tanaman mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan hingga panen. SY/YNI