Pelatihan Teknis Tematik Cabai di BPP Cibiuk Kabupaten Garut

udin abay | Senin, 22 Juli 2019 , 09:51:00 WIB

Swadayaonline.com - Cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang menjadi prioritas pengembangan oleh Kementerian Pertanian. Perannya penting dan strategis sebagai komponen utama pada Pola Pangan Harapan yang harus tersedia setiap saat dalam jumlah yang cukup, mutu yang baik, aman dikonsumsi, harga terjangkau serta dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memproduksi cabai yang dapat memenuhi permintaan pasar dan juga ekspor baik dari sisi kualitas maupun kuantitasnya, dengan meningkatkan kompetensi para petani cabai dalam hal penguasaan teknologi tepat guna dan modern. Peningkatan kompetensi dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan. Karenanya, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik di Kabupaten Garut sebagai salah satu wilayah sentra pengembangan komoditas cabai.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 – 13 Juli 2019 berlokasi di BPP Cibiuk Kabupaten Garut. Tiga puluh orang petani pembudidaya cabai menjadi peserta pelatihan. Berdasarkan hasil Focus Group Discussion untuk menentukan materi pelatihan, dipimpin oleh Widyaiswara BBPP Lembang, Hendra Gunawan, maka selama berlatih, peserta memperoleh materi inti tentang Persiapan Benih, Pemeliharaan, Pengendalian OPT, dan Pemasaran. Untuk praktik, peserta praktik membuat pestisida hayati. SY/CHE