Peringati Hari Pramuka, BBPP Ketindan Rajut Kebersamaan Melalui Outbond

udin abay | Kamis, 15 Agustus 2019 , 23:58:00 WIB

Swadayaonline.com - Kegiatan outbond di BBPP Ketindan telah berlangsung tanggal 14 Agustus 2019. Seiring dengan peringatan Hari Pramuka  tersebut, seluruh karyawan, peserta magang dari siswa dan mahasiswa bersama-sama mencoba merajut tali silaturahmi, kebersamaam dan kesetaraan di medan kegiatan outbond. Gelak tawa, wajah riang dan gerakan spontan seluruh peserta outbond mewarnai aura pagi sampai sore hari. Tak terlihat lagi pengkastaan yang selama ini telah tercipta  seperti jarak antara yang muda dan tua, pejabat dan staf, anak-anak dan orang tua, bos dan anak buah serta lainnya. Semua meleburkan diri dengan sukarela untuk sejenak melepas seluruh jabatan atau pengkastaan yang telah tercipta.

Diawali dengan melakukan jalan sehat sekitar lingkungan BBPP Ketindan sambil berbagi souvenir seperti mug, tempat minum, buku dan ballpoint, peserta diharap bisa lebih mengenal lingkungan BBPP Ketindan, tumbuh rasa empati dan begitu pula sebaliknya. Berbagai macam testimoni tentang keberadaan, manfaat dan kepedulian BBPP Ketindan terhadap masyarakat sekitar juga menjadi bagian yang terpisahkan . 

Dalam sambutannya Kepala Balai menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa meleburkan jarak yang mungkin telah tercipta sehingga dikatakan lebih tegas lagi bahwa semua peserta adalah setara, selain itu kegiatan ini juga ajang silaturahmi dan membangun kekompakan. Kegiatan outbond kemudian diserahkan Kepala Balai kepada Tim Outbond Katun. 

Gerakan pertama yang dikenalkan adalah senam. Selanjutnya berbagai permainan mengenal lingkungan juga coba disampaikan seperti ketika bicara Kepala maka peserta menjawab asyiaaap, lalu ketika tim Katun sampaikan security maka peserta harus mencari 7 orang untuk bersama sebagai satu tim, lalu ketika tim Katun bicara asrama Melati maka peserta harus berkumpul dengan 14 dan lainnya. Memang terkadang sesuatu yang sudah rutin dilihat tidak terlalu diperhatikan, maka kegiatan tersebut mengasah kembali ingatan, kejelian dan kepedulian terhadap lingkungan. Seperti sebuah pepatah rumput tetangga lebih hijau dari rumput di rumah sendiri, barangkali itu memang layak didoktrinkan kembali kepada peserta outbond.

Sampai siang hari, kemampuan kreativitas  dan lainnya dari tim peserta diasah kembali dengan tantangan membuat vlog. Inipun belum cukup, keandalan, kekompakan dan kesolidan tim peserta diuji lagi dengan berbagai permainan yang sederhana namun syarat makna karena harus menyesuaikan dengan umur peserta yang bervariatif. Seru, menyenangkan dan membuat pikiran segar kembali telah didapatkan dari kegiatan tersebut. Tentu dengan hasil yang demikian telah menjawab tema yang telah terpajang pada banner bangga menjadi bagian BBPP Ketindan yang APIK (adaptif,  produktif, inovatif dan kompetetif). Kelengkapan dari proses outbond adalah motivasi dan arahan Inspektur Jenderal Kementan tanggal 16 Agustus 2019. Sebagai penutup diharapkan seluruh peserta akan mendapat suntikan semangat juang baru untuk menjalani tugas dan fungsi dan meningkatkan kinerjanya agar babak baru perjuangan pengauatan SDM bisa melaju kencang. Penerapan SPI dengan baik dan benar akan meningkatkan citra instansi pemerintah yang baik karena mampu mencapai tujuannya secara efektif dan efisien, menampilkan laporan keterbukaan informasi yang andal, serta menghindarkan negara dari kerugian karena memiliki SDM yang taat pada peraturan perundangan. SY/YNI