BPP Dusun Timur Kalteng dan Poktan Tamiang Lestari Panen Bawang Bersama Varietas Bims Brebes

udin abay | Selasa, 17 September 2019 , 08:46:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dusun Timur bersama kelompok tani Tamiang Lestari dan Penyuluh Pertanian Rtana Widyasari, melakukan panen bersama bawang merah varietas Bima brebes seluas 1 hektar di perumahan mekar indah Kelurahan Tamiang layang Km.4 Kecamatan dusun timur kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah. (14/9/2019)

Ratna Widyasari selaku PPL pendamping bersama Erai Sairi selaku koordinator BPP dusun timur mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan selama ini merupakan kegiatan pengembangan komoditi Hortikultura bawang merah mendukung kegiatan Upaya khusus (UPSUS) di kabupaten Barito Timur khususnya di wilayah kecamatan dusun Timur.

“Ada 3 kawasan kelompok tani di kecamatan dusun Timur yang didampingi BPP Dusun Timur untuk kegiatan penanaman bawang merah,” ujar Erai Sair.

Kegiatan pendampingan kelompok bawang ini sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu dan kegiatan ini masuk tahun kedua. "Jadi kegiatan pendampingan ini beberapa jenis komoditi hortikultura yang kita budidaya salah satunya bawang yang sudah dipanen sebagian", ujarnya. Selain panen bawang, tahun ini ada juga budidaya padi bebas residu, jagung hibrida dan petani sangat antusias.

“Kami ucapkan terimakasih kepada petani yang sudah mendukung program dinas pertanian kabupaten Barito Timur. Tanpa partisipasi dari petani program ini tidak akan selesai tanpa kita berkolaborasi,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Ir. Riza Rahmadi, MM .

Menurutnya, bawang merah yang dipanen ini jenis yakni varietas BIMS BREBES dan ini perdana kita budidaya di Kelompok tani Tamiang lestari. Sementara itu Camat dusun timur , menyampaikan terimakasih kepada pihak BPP dusun timur yang mempunyai perhatian sangat besar kepada kelompok tani di Tamiang Layang dalam pendampingan budidaya holtikultura jenis bawang merah.

“Terimakasih untuk BPP atas perhatian yang begitu besar kepada warga khususnya kelompok tani di wilayah kelurahan Tamiang layang. Ini peluang kelompok tani tingkatkan ekonomi, karena itu harus terus kembangkan budidaya bawang maupun jenis tanaman hortikultura lainnya,” ujar Kanani, Ketua Kelompok Tani. SY/HSDM