Mangga Pisang, Si Kecil yang Eksotik dan Unik

udin abay | Minggu, 26 November 2017 , 08:34:00 WIB

Swadayaonline.com - Mungkin kita baru dengar ada mangga unik, bentuknya kecil, ukurannya hanya 100-200gr/buah, dagingnya lembut, manis dan beraroma harum, cara mengupasnya seperti buah pisang. Dia adalah Mangga Pisang Agri Gardina 45, hasil inovasi teknologi Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), Badan Litbang Pertanian. (25/11/2017)

Mangga Pisang tersebut merupakan mangga hibrid hasil persilangan mangga arumanis 143 dengan saigon, sangat cocok ditanam di dalam pot. Menurut Panca Jarot Santoto dari Balitbu bahwa pohon mangga pisang sangat tepat dikembangkan di daerah beriklim panas. Dengaan usia pohon 1,5 tahun, sudah dapat berbuah lebat bahkan bila sudah berusia tiga tahun, buahnya bisa seratusan buah perpohon.

“Mangga pisang memang baru setahun dilepas varietasnya oleh Balitbu. Mangga tersebut sepertinya mempunyai pasar tersendiri, karena buahnya yang kecil sangat cocok sebagai “cuci mulut” yang biasa disajikan hotel-hotel,” tegas Panca. Dahulu ada impor mangga dan jeruk yang bentuknya lebih kecil, tapi sangat bagus pasarnya. Mangga pisang ini diharapkan juga mempunyai pasar seperti buah-buah unik seperti yang ada sekarang ini, tinggal bagaimana membrandingnya saja. Tambahnya. 

Saat ini mangga pisang memang belum dikembangkan banyak petani di Indonesia. Namun Balitbu telah menyiapkan 251 semua bibit mangga, untuk dikembangkan diseluruh nusantara. Daerah yang cocok untuk pengembangan jenis mangga tersebut seperti Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan daerah yang beriklim panas lainnya. SY