Mahasiswa UPI Belajar Aeroponik dan Biokompos di BBPP Lembang

udin abay | Jum'at, 08 Desember 2017 , 15:02:00 WIB

Swadayaonline.com - Sebanyak 72 mahasiswa-mahasiswi semester 5 dan 7 Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Biologi Pendidikan, melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Selasa (5/12/2017).

Rombongan diterima Kepala Seksi Program dan Kerjasama, Yullyndra Tisna Diputri. Kunjungan tersebut dalam rangka penerapan Mata Kuliah Keterampilan Biologi yang secara teori telah diperoleh di bangku kuliah, kali ini ingin belajar bagaimana praktiknya di BBPP Lembang.

Kepada mahasiswa, Yullyndra menjelaskan tugas pokok dan fungsi BBPP Lembang, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, untuk secara bergantian melihat sistem budidaya aeroponik dan pembuatan biokompos yang diterapkan di BBPP Lembang. Dengan tekun mendengar dan mencatat, mereka menyimak penjelasan dari pengelola screen house aeroponik, Beben, yang menjelaskan tentang budidaya hidroponik dengan sistem aeroponik untuk tanaman kentang yang dibudidayakan di BBPP Lembang, mulai dari varietas benih, alat dan media yang digunakan hingga proses panen.

"Proses diskusi dan sharing yang dilakukan diharapkan bisa menambah wawasan mereka tentang apa itu aeroponik secara praktis," ujar Yullyndra. Di kelompok lainnya, Iwan, pengelola biokompos, dengan detail menjelaskan proses pembuatan kompos dari kotoran sapi yang ada d BBPP Lembang, beserta alat-alat yang digunakan untuk memproduksi kompos tersebut.

“Kegiatan ini bagus untuk anak-anak kami belajar tentang hidroponik dan biokompos secara praktis karena di kampus baru menerima secara teori. Sarana dan prasarana untuk praktik di kampus terbatas, maka kegiatan ini dapat membantu mereka melihat secara keseluruhan aplikasi teknologi aeroponik dan biokompos yang sesungguhnya”. Ujar Dosen UPI, Hj. Paristiwati. Sedangkan Aldi dan Somantri masiswa UPI yang ikut kunjungan dirinya menyatakan kini bisa mengetahui dengan langsung aplikasi teknologi budidaya aeroponik dan biokompos, yang sebelumnya telah kami peroleh teorinya di kelas. SY