Sektor Pertanian Penyumbang APBD Terbesar Provinsi Bali Setelah Pariwisata

udin abay | Selasa, 12 Desember 2017 , 09:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan (BBPP) Ketindan, menggelar rapat koordinasi UPSUS dengan Pemerintah Provinsi Bali. Rakor dibuka oleh Wakil Gubenur Provinsi Bali, I Ketut Sudikerta. Rakor teraebut dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali , Danrem Udayana, seluruh Dandim di 8 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Balai, Pasiter Kukup Kodim Provinsi Bali, Kepala Dinas Pertanian seluruh Provinsi Bali,  Penanggung Jawab Upsus Provinsi Bali  yaitu Kepala BBPP Ketindan,Kresno Suharto, koordinator penyuluh pertanian seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bali. (11/12/3017)

Dalam arahannya, I Ketut Sudikerta menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Bali mendukung penuh sektor pertanian dengan melakukan peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana pertanian salah satunya pembuatan sumber air.

Menurutnya, sektor pertanian menjadi penyumbang nomor 2 di Provinsi Bali setelah sektor pariwisata. Provinsi akan memberi dukungan terhadap sektor pertanian melalui beberapa sektor antara pembuatan sumber air berupa waduk, embung serta perbaikan jaringan irigasi, melalui berbagai bantuan sarana saprodi.

"Dukungan terhadap peningkatan SDM  melalui pelatihan, kursus,magang dan lain-lain sangat membantu mensukseskan program pemerintah. Pada waktu yang bersamaan disektor pertanian diharapkan  bisa bergerak dari sektor hilir dengan pengolahan hasil pertanian sehingga  bisa memberikan nilai tambah dan kesejahteraan bagi petani," ujar I Ketut Sudikerta. SY