Dukung Kostratani, BPP Separi Siap Teleconference dengan War Room

udin abay | Minggu, 15 Desember 2019 , 13:22:00 WIB

Swadayaonline.com - BPP Separi yang terletak di pedalaman Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Sebrang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan jarak 35 km dari ibu kota Kabupaten, kini siap untuk teleconference. BPP Separi merupakan salah satu dari 3 BPP di Kabupaten Kutai Kertanegara yang mendapatkan fasilitas lengkap dalam rangka mendukung kostratani.  Hadirnya peralatan yang canggih seperti drone dan komputer all in one yang dilengkapi dengan fasilitas untuk teleconference,  memberikan harapan yang besar bagi kemajuan BPP Separi. 

Seusai kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Mendukung Kostratani di BPTP Provinsi Kaltim pada Hari Jum’at 13 Desember 2019 yang lalu, BPP Separi menerima hibah berupa pinjam pakai dari BPTP Provinsi Kaltim berupa drone, HP dan Komputer all in one.  Dengan penuh semangat, para penyuluh di BPP Separi bersama-sama berupaya untuk dapat segera mengoperasikan drone dan melakukan teleconference.  Untuk itulah pada keesokan harinya, Sabtu, 14 Desember mereka mencoba untuk merakit peralatan tersebut.  

Dengan berbagai kendala yang ditemui, Kepala BPP Sutamta, SST, bersama dengan petugas operator Awal Didik Sucahyo, SP dan petugas admin kostratani  Zaenatud Diniyah, SP, didampingi oleh Petugas dari Pusat Penyuluhan dan UPT BPPSDMP Provinsi Kaltim, terus berupaya hingga drone berhasil diterbangkan dan Teleconference dapat dilakukan.  Akhirnya pada Sabtu siang drone pun sudah dapat terbang melayang dan uji coba teleconferencepun dapat berjalan.  Dalam kesempatan tersebut teleconference dilakukan dengan BPTP Provinsi Kaltim, para penyuluh di BPP Loa kulu dan BPP Separi. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan teleconference dengan petugas dari Pusat Penyuluhan Pertanian di Jakarta. SY/LNE