Panen di Sawah Tadah Hujan Kabupaten Langkat

udin abay | Kamis, 22 Februari 2018 , 14:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Kabupaten Langkat merupakan salah satu  kabupaten penyumbang beras terbesar di Sumatera Utara, Kabupaten ini telah berhasil swasembada pangan secara berkelanjutan. Kabupaten Langkat  memiliki 23 Kecamatan, sektor pertanian berperan penting disetiap Kecamatannya, tak terkecuali Kecamatan Babalan.

Kali ini panen dilakukan di Poktan Bersama Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan,  menurut Koordinator Penyuluh Bapak Sampe Pintubatu, SP bahwa panen masih akan berlanjut hingga bulan Mei, varietas yang dipanen Ciherang yang dicapai 6.7 ton/ha, panen dilakukan seluas 30 ha pada hamparan 1.630 ha. Harga rata-rata GKP 1panen Rp. 5.200/kg.

Panen dihadiri Anggota DPRD Propinsi, PPL Koordinator BPP KUPTD Camat Babalan PPL se Kecamatan Babalan, seluruh Poktan Babalan dan tokoh masyarakat. Sistem pengairan sawah di Desa Securai Selatan merupakan sawah tadah hujan, petani setempat mengoptimalkan pemanfaatan pompa dan sumur bor untuk menggarap lahan. 

Desa Securai Selatan  merupakan wilayah UPSUS PAJALE, saat ini petani setempat telah merasakan dampak positif dari kegiatan UPSUS walaupun irigasi tadah hujan namun petani setempat telah bertanam 2 kali setahun, melalui program tersebut, petani juga selalu mendapatkan bantuan, berupa saprodi, pompa dan alsintan.

BPTP Sumut melalui LO menyampaikan pentingkan pergiliran varietas  untuk memutus rantai hama penyakit pada pertanaman dan  penggunaan varietas unggul Balitbangtan juga dapat meningkatkan hasil produksi, selain itu penerapan sistem tanam Jajar legowo 2:1 dapat memberikan kemudahan petani dalam pemeliharaan tanaman, penyerapan cahaya matahari juga dapat diterima secara optimal. SY/HMS