Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan Gelar Sekolah Lapang

udin abay | Selasa, 25 Januari 2022 , 18:45:00 WIB

Swadayaonline.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Pelaksana Penyuluh Pertanian Sukodadi melalui BPP Kostratani Sugio pendampingan BBPP Batu melaksanakan kegiatan Sekolah Lapang (SL) Kegiatan IPDMIP (Integrated Parcipatory Development and Management of Irigation Project) Daerah Irigasi Waduk Caling, Senin (25/01/2022).

Dalam sambutannya Yogiarto, SP, Kepala Desa Sidorejo berharap produksi petani bisa meningkat melalui kegiatan SL IPDMIP, “Saya berharap semua peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan SL IPDMIP serta berperan aktif dalam pelaksanaannya.” begitu harapnya.

Dalam setiap kesempatan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, "Pelaksanaan IPDMIP harus optimal. harus mendapat dukungan semua pihak. Karena, IPDMIP akan membantu petani meningkatkan produksi," tuturnya.

Begitu pula Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa. "Tujuan IPDMIP meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi. Peningkatan ini dilakukan IPDMIP dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM pertanian, baik petani maupun penyuluh," ujarnya.

Sumadi SP, selaku koordinator wilayah BPP Model Kostratani Sugio memberikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan mengatakan, kegiatan SL IPDMIP ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan petani dibidang pertanian sehingga produktifitasnya bisa ditingkatkan, “ Kalau produksinya naik sudah barang tentu penghasilan akan naik, “ begitu jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam pengendalian hama dan penyakit harus dilakukan secara bersama-sama dan masip, khususnya hama wereng dan tikus, agar tidak terjadi perpindahan hama dari satu petak ke petak yang lain.

Menurutnya, untuk mengendalikan hama tikus itu cukup mudah, kita bisa memanfaatkan musuh alami yaitu burung hantu, kita buat sangkarnya dari kayu bekas bangunan untuk membuat rumah burung hantu, begitu imbuhnya.

Kegiatan Sekolah Lapang (SL) kegiatan IPDMIP ini dilaksanakan di 4 kelompok tani yang berada di daerah irigasi waduk Caling diantaranya adalah kelompok Tani Sidomulyo Jati Desa Sidorejo yang diketuai oleh Anis Mustofa, Kelompok Tani Sidodadi Kalikacang Desa Sidorejo yang diketuai oleh H. Raslin, Kelompok tani Tani Makmur Klubuk Desa Bakalrejo yang diketuai oleh H Karnawi dan Kelompok Tani Sumber luhur Desa Kedungbanjar yang diketuai oleh Kasmulin

Amel SP, sebagai pendamping kegiatan SL IPDMIP menjelaskan, kegiatan ini dijadwalkan sampai 10 kali pertemuan, “ya sekitar 3 bulan lah, karena pertemuan ini seminggu sekali,” begitu katanya. .

Materi yang akan disampaikan pada Kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP ini meliputi Penggunaan benih unggul, olah tanah dengan Mesin hand tractor, tanam padi sistim jajar legowo, pemupukan berimbang, cara penggunaan pupuk organic cair, cara pembuatan pestisida nabati, panen dan pasca panen serta Analisa usaha tani. SY/BBPPBATU