Upaya BBPP Ketindan Jalin Kerjasama Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian

udin abay | Minggu, 01 Mei 2022 , 03:59:00 WIB

Swadayaonline.com - Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 45 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, bahwa Balai Besar Pelatihan Pertanian  (BBPP) Ketindan merupakan salah satu UPT di bidang pelatihan yang bertanggungjawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

BBPP Ketindan mempunyai tugas melaksanakan pelatihan fungsional bagi aparatur, pelatihan teknis dan profesi, mengembangkan model dan teknik pelatihan fungsional dan teknis di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur.

Kepala BBPP Ketindan Sumardi Noor, mengatakan, bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan, BBPP Ketindan juga membutuhkan sumber daya eksternal untuk materi-materi tertentu yang membutuhkan tenaga profesional tertentu.

“Melalui kerjasama tersebut diharapkan akan tercapai peningkatan kapasitas peran dan fungsi sumber daya manusia maupun kelembagaan pertanian,”kata Sumardi Noor.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, sering menyampaikan di berbagai kesempatan pentingnya peningkatan SDM. "Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian," ujar Dedi

Kerjasama dengan berbagai lembaga telah dilakukan oleh BBPP Ketindan baik berdasarkan inisiatif BBPP Ketindan maupun mitra kerjasama . Hal ini mengacu pada perjanjian yang telah disepakati antara BBPP Ketindan dengan mitra kerjasama.

Tahun 2022 ini BBPP Ketindan telah menjaring kerjasama dengan beberapa intansi baik kerjasama ketenagaan, maupun kerjasama penggunaan sarana prasarana maupun kerjasama kediklatan. Diharapkan jejaring ini akan terjalin dengan baik, mengingat pentingnya peningkatan kompetensi, keterampilan dan pengetahuan SDM-SDM di bidang pertanian. SY/YNI