Maraknya Benih Palsu, Fajar Kembangkan Benih Kelapa Sawit Bermutu

udin abay | Kamis, 03 November 2022 , 10:40:00 WIB

Swadayaonline.com - Berawal dari keprihatinan dari sulitnya masyarakat mendapatkan benih bermutu penangkar ini kembangkan pembibitan kelapa sawit untuk mensuplai benih bermutu. Ia tidak saja menyediakan di wilayahnya namun juga sampai ke Provinsi Tetangga.

Fajar, founder CV Rembaka Agri, merupakan salah satu penangkar sawit yang telah menjalankan usahanya sejak 5 tahun terakhir. Adapun lokasi kebunnya berada di Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu.

“Saya mengembangkan usaha ini berawal dari kesulitan saya dan juga petani mendapatkan benih yang bermutu”, jelasnya, Awalnya dia memulai dari jumlah yang terbatas, namun saat ini pembibitannya berkembang hingga mencapai kapasitas 400.000 batang per tahun. Sementara untuk tahun 2022 ini stok yang tersedia mencapai 350.000 batang.

Adapun varietas yang digunakan jenis Sriwijaya 3,4,5 dan 6 daril PT Bina Sawit Makmur asal Sumatera Selatan. Dengan cakupan pemasaran Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.

“Setiap pengguna benih, baik itu untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat atau Swadaya kami memberikan edukasi dan pendampingan, agar bahan tanam yang berasal dari kami bisa memberikan manfaat bagi si pengguna. Ternyata layanan ini membuat beberapa pembeli benihnya akhirnya melakukan reselling”, jelasnya.

Fajar berharap agar para penangkar kelapa sawit tidak sekedar memastikan bibitnya bermutu namun juga memberikan layanan edukasi bagi petani. Sehingga bibit yang digunakan akan berproduksi secara optimal. NS/HMS DJBUN