Jelang Tahun Baru 2023, Kementerian Pertanian Pastikan Ketersediaan Pangan Tetap Aman

udin abay | Rabu, 28 Desember 2022 , 16:59:00 WIB

Swadayaonline.com - Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta seluruh jajarannya di Kementerian Pertanian untuk terjun ke lapangan memantau dan mengawal ketersediaan 12 komoditas pangan strategis.

Mentan meminta kepada seluruh pejabat Kementan untuk turun langsung ke pasar dan bicara di pasar untuk memantau harga pangan agar masyarakat akan tenang karena pemerintah hadir dan itu hasil kerja keras kita semua.

"Tugas Kementan menjaga ketersediaan pangan, Presiden juga minta kepada semua Menteri dan semua pihak yang terkait dengan pertanian untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan Tahun Baru," tegas SYL.

Berdasarkan arahan tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, langsung mengerahkan dan menghimbau seluruh pejabat UPT dibawah BPPSDMP untuk langsung turun ke lapangan.

"Bahan pangan sangat dibutuhkan menjelang Nataru, karena itu kita meminta agar seluruh jajarannya baik di pusat dan daerah bekerja efektif dan maksimal untuk memastikan bahan pangan khususnya 12 komoditas pangan strategis tersedia di masyarakat," ucap Dedi.

Sebagai salah satu UPT dibawah BPPSDMP, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu melakukan monitoring dan pengawalan ketersediaan dan harga pangan pokok di Pasar Inpres Kota Prabumulih, Sumatera Selatan pada hari Selasa (27/12/2022).

Bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan UPTD Kota Prabumulih, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Sjaifurahman, dan tim melakukan monitoring 12 bahan pangan pokok, diantaranya daging sapi, ayam, telur, beras dan cabai. Berdasarkan hasil monitoring, secara umum harga, stok dan pasokan bahan pangan di wilayah ini stabil dan aman terkendali.

Kementerian Pertanian terus melakukan monitoring dengan berbagai pihak untuk pastikan kondisi harga pangan di lapangan tetap aman. Salsa/BBPPBATU