Gertam dan Sosialisasi Kegiatan Korporasi Kacang Hijau di Kabupaten Maros

udin abay | Kamis, 24 Agustus 2023 , 09:08:00 WIB

Swadayaonline.com - Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam bersama Direktur Akabi dan Kelompok Tani Sumber Tani melakukan Gerakan Tanam Kacang Hijau dalam rangka Peningkatan Produksi Kacang Hijau Nasional. Rabu (23/08/23).

Lokasi Gerakan Tanam di Kelurahan Baju Bodoa, Kecamatan Maros Baru    Kabupaten Maros, seluas 100 ha.

Untuk mendukung kegiatan korporasi kacang hijau, Direktur Akabi memberikan Bantuan berupa benih Kc Hijau 2.500 kg, Pupuk NPK Non Subsidi 5.000 kg dan Pupuk PHC 200 Liter

Kegiatan gerakan tanam ini diharapkan mampu memacu motivasi petani untuk lebih mengembangkan budi daya kacang hijau secara lebih luas, dan berkontribusi terhadap produksi kacang hijau Nasional khusunya di Kabupaten Maros.

Tujuan pelaksanaan kegiatan korporasi petani kacang hijau untuk meningkatkan efisiensi penggunaan input produksi; meningkatkan produktivitas dan produksi komoditas kacang hijau; meningkatkan nilai tambah dan daya saing; menerapkan budidaya ramah lingkungan/LEISA, dan ketelusuran (traceability) dan terdokumentasi.

Direktur Akabi, Enie Tauruslina menjelaskan melalui kegiatan ini akan terjadi peningkatan produksi. "Jadi gerakan tanam ini merupakan percepatan kegiatan korporasi. Kemudian yang kedua adanya perbaikan varitas, varitas yang ditanam ini merupakan varitas unggul nasional Muri yang mempunyai potensi produktivitas 3,4 ton per hektar." Jelasnya.

Muh Saripuddin selaku kabid Tanaman Pangan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan "pengembangan kacang hijau secara korporasi menyebar ke kabupaten lain, karena sulsel ini sangat mendukung untuk kacang hijau, harapan kami dengan luas yang sekarang 200 hektar semoga bisa berkembang 500 sampai puluhan ribu karena lahan yang tersedia dan kondisi alam yang memenuhi persyaratan" 

Enie berharap Kabupaten Maros serta kabupaten lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan mampu menjadi salah satu motivasi untuk perkembangan produksi nasional dan berkontribusi dalam pengembangan korporasi.

H. Agustam selaku Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros juga berharap  dengan adanya program ini, motivasi petani supaya lebih meningkat ke depannya dan menjadi kebanggaan di Kabupaten Maros. HMS TP