P4S Lembang Agri Menuju Pasar Ekspor Dunia

udin abay | Kamis, 30 Januari 2020 , 21:05:00 WIB

Swadayaonline.com - P4S Lembang Agri berada di Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. P4S ini di Ketuai oleh Dodih, ST seorang petani yang gemar belajar untuk kemajuan anggota dan kelompoknya. Salah satu kegiatan yang saat ini di utamakan oleh Dodih adalah pemasaran buncis Kenya dan buncis super untuk ekspor ke luar negeri serta pemberian pupuk organik melalui kompos. Pemberian pupuk organik dilakukan karena P4S Lembang Agri menuju ke pertanian organik. 

Buncis Kenya atau baby buncis sangat diminati di Jepang, ujar Dodih. Dalam sehari P4S mampu mengirim ke eksportir sebanyak 100 hingga 200 Kg dengan harga 16 ribu per kilonya, sedangkan buncis super per harinya dengan harga 8 ribu per kilonya. Selain buncis, hasil pertanian lainnya yang sudah menembus pasar ekspor diantaranya selada air, jahe gajah dan pete. Walaupun P4S Lembang Agri lebih banyak mengisi pasar ekspor, namun tidak mengabaikan pasar dalam negeri karena potensi dalam negeri tetap menjanjikan.

Selain itu, salah satu misi P4S Lembang Agri adalah membantu mensejahterakan dan memberdayakan petani melalui teknologi pertanian yang ramah lingkungan serta mewujudkan sistem pertanian organik. Dengan pemberian pupuk organik, dirasakan sangat tepat untuk mewujudkan misi P4S tegas Dodih.

Pemberian pupuk organik/kompos sangat berpengaruh terhadap tanaman, selain rasanya lebih enak juga daya simpan lebih lama walaupun biaya produksinya lebih tinggi. Walaupun P4S Lembang Agri belum sepenuhnya menggunakan pupuk organik, namun Dodih optimis nantinya P4S Lembang Agri seratus persen akan menggunakan pupuk organik. SY/NF