Menyongsong Masa Purnabhakti dengan Usaha Produktif

udin abay | Jum'at, 14 Februari 2020 , 17:10:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam proses belajar tidak pernah mengenal usia, tidak juga dengan status sosial ataupun pekerjaan yang mereka miliki karena setiap orang berhak untuk mendapatkan ilmu dimanapun dan kapanpun. Pagi ini Jum’at (14/02/2020) diawali dengan penuh semangat dari para Calon Purnabhakti Bank Mega yang sedang melakukan kunjungan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dengan jumlah peserta 45 orang. Diawal kedatangan, para peserta diarahkan menuju Aula untuk disambut dan sekaligus membuka kunjungan dengan sedikit pemaparan materi oleh Rokhedi selaku Manajer Inkubator Agribisnis dan Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang.

Para perserta Calon Purnabhakti Bank Mega dalam kunjungannya selain ingin mempelajari pertanian secara teori, juga ingin mempelajarinya secara praktik langsung. Peserta yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok agar mempermudah dalam pelaksanakan praktik dengan dibimbing oleh 2 (dua) widyaiswara yaitu Rokhedi dan Bayu Sumantri dan Pengelola Lahan Praktik. Kunjungan pertama pada KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), para peserta diperkenalkan dan diajarkan cara menanam hidroponik dengan sistem wick (air tergenang) dan budidaya tanaman kabocha serta tomat di lahan pekarangan.

“Hidroponik sistem wick merupakan sistem yang paling mudah untuk dilakukan” ujar Bayu pada saat mempraktikan cara penanaman dengan sistem ini. Di kelompok lainnya, Rokhedi mengajarkan bagaimana menanam tanaman kabocha pada lahan pekarangan dan cara dalam melakukan penyemaiannya.

Kunjungan kedua, peserta diarahkan menuju Zona 4 yaitu tempat pembuatan pupuk kompos, disana para peserta diajarkan bagaimana tahapan-tahapan proses pembuatan pupuk kompos mulai dari persiapan hingga pupuk dapat digunakan. Setelah dari tempat pembuatan kompos, peserta menuju ketempat aeroponik, penjelasan mengenai aeroponik disampaikan oleh Rokhedi dan didampingi pula oleh Beben selaku pengelolanya.

Terakhir para peserta diajak menuju TTM (Taiwan Technical Mission) yaitu tempat packaging tanaman hasil panen, disana para peserta juga diajak untuk melihat screen house dengan menggunakan teknologi yang lebih modern dibandingkan dengan screen house lainnya. TTM merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan antara BBPP Lembang dengan pihak Taiwan dalam bidang Pertanian.

“Manfaat ilmu yang diberikan sangat berfaedah buat saya karna saya sendiri akan terjun kedunia pertanian dan peternakan, saya sangat berterimakasih kepada BBPP Lembang untuk ilmu yang didapatkan mulai dari pembibitan hingga pasca panen lalu pengemasan” ujar Agus salah satu dari peserta Calon Purnabhakti Bank Mega. SY/RKE